Antisipasi Virus Corona, Polsek Sekadau Hulu Tertibkan Berkumpul Warga di Malam Hari

Polsek Sekadau Hulu bersama unsur Forkopimca melakukan penertiban masyarakat yang berkumpul pada malam hari. Penertiban dilakukan sebagai tindakan pencegahan penyebaran virus corona.


Sebelum dilakukan kegiatan penertiban, dilaksanakan apel konsolidasi di Mapolsek Sekadau Hulu, jalan Merdeka Selatan, dipimpin langsung Kapolsek, IPDA Sudarsono.

Dalam arahannya IPDA sudarsono menyampaikan, sasaran penertiban adalah tempat umum yang digunakan masyarakat berkumpul pada malam hari. Seperti warkop, minimarket serta tempat umum lainnya.

"Kita lakukan penertiban kepada masyarakat namun tetap mengedepankan tindakan humanis. Berikan pemahaman dan edukasi agar mereka mengerti dan kembali ke rumahnya masing-masing," ujar kapolsek IPDA sudarso menyampaikan arahan.

Kemudian pada pukul 22.00 WIB, aparat gabungan yang terdiri dari Polsek Sekadau Hulu, koramil, pihak kecamatan, Sat Pol PP, dan diikuti juga Kades Rawak Hilir bersama Ketua DAD mendatangii lokasi yang telah ditetapkan.

Beberapa masyarakat yang kedapatan masih berkumpul di warkop diberikan imbauan untuk segera pulang untuk menghindari terjangkitnya virus corona.

Kebanyakan masyarakat yang berkumpul merupakan para remaja, yang sedang bersantai di depan minimarket dan warkop. Ada juga yang sedang nongkrong di jembatan.

Petugas gabungan memberikan imbauan dan edukasi agar tidak melakukan kegiatan berkumpul ataupun nongkrong, disampaikan juga untuk melakukan aktivitas belajar di rumah.

"Kegiatan penertiban berlangsung aman dan tertib, masyarakat dengan kesadaran diri langsung pulang kembali kerumahnya," terang Kapolsek kepada Kantor Berita RMOLKalbar, Kamis (26/3).

Sementara itu diwawancarai selesai kegiatan, Ketua DAD Kecamatan Sekadau Hulu, Paulinus Stay yang juga sebagai Tokoh Masyarakat, mengapreasi aparat langkah TNI Polri bersama pihak kecamatan dan desa.

"Saya sangat mendukung langkah penertiban masyarakat yang berkumpul pada malam hari untuk pencegahan penularan virus corona," ucapnya.

Sebagai tokoh masyarakat, ia mengimbau kepada warga Sekadau Hulu agar mentaati imbauan pemerintah, menjauhi kegiatan kerumunan ataupun berkumpul.

"Jaga kesehatan diri termasuk keluarga dan orang lain. Terkait virus corona lebih baik kita mencegah. Kemudian mari kita dukung pemerintah dan TNI Polri dalam menangani penyebaran virus corona," pesannya.