Hasil Rakorev, Munas JMSI Tetap Dilaksanakan Bulan Juni 2020

Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) menggelar Rapat Koordinasi dan Evaluasi Virtual (Rakorev), Sabtu (2/5), pukul 20.00 WIB hingga 11.30 WIB.


Ada 20 dari 26 wakil JMSI tingkat provinsi yang mengikuti Rakorev yang dibuka langsung oleh Plt. Ketua Umum (Ketum) JMSI Mahmud Marhaba.

Disepakati dalam Rakorev, sehubungan adanya pamdemi Covid-19, Musyawarah Nasional (Munas) I JMSI dilaksanakan pada bulan Juni 2020.

“Keputusan Rakorev JMSi untuk tidak menunda pelaksanaan Munas I JMSI, Juni mendatang secara virtual yang akan diikuti seluruh pengurus JMSI di Indonesia,” ujarnya.

Ditambahkannya, langkah darurat ini dilakukan melihat situasi bangsa ini yang belum ada tanda-tanda akan berakhirnya wabah Covid-19 di Indonesia. Menurut Mahmud, JMSI Riau tetap menjadi panitia pelaksana Munas 1 JMSI seperti yang telah disepakati pada Deklarasi JMSI di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, 8 Februari 2020.

JMSI Riau akan menggelarnya secara virtual dan akan diikuti seluruh pengurus termasuk menghadirkan para pejabat tinggi.

JMSI rencanakan mengundang Ketua MPR RI, Menkominfo, Ketua dan anggota Dewan Pers, Mendagri, Kapolri, serta para duta besar beberapa negara sahabat yang sudah masuk dalam agenda sebelumnya.

Hal yang sama juga ditegaskan oleh Plt, Ketua JMSI provinsi Riau, H. Dheni Kurnia optimistis Munas I JMSI tetap dilaksanakan sesuai dengan rencana.

Untuk itu, setalah Rakorev ini, pihaknya akan segara melakukan koodinasi dengan pihak pemerintah baik di pusat maupun di daerah guna melaporkan secara tertulis rencana Munas JMSI tersebut.

“InsyaAllah kami akan lakukan persiapan dengan baik termasuk dengan mempersipakn undangan para pejabat ditingkat pusat maupun di daerah,” kata Plt. Ketua JMSI Riau yang diamini oleh Ketua Panitia Munas JMSI di Riau.

Sementara itu, Plt. Sekjen JMSI, Rahiman Dani dalam keterangannya mengatakan jika Pengurus Pusat JMSI akan mempersiapkan administrasi kelengkapan organisasi pers di daerah mulai dari SK Pengurus, administrasi perusahan pers di daerah serta kebutuhan lainnya termasuk penyempurnaan AD-ART JMSI.

“Yang jelas bahwa kami akan siapkan semua kelengkapan adminstrasi untuk legalitas Munas JMSI nanti,” tutup Rahiman Dani.