Saleh Daulay: Pancasila Harus Jadi Spirit Dan Inspirasi Dalam Menghadapi Tantangan

Hari Kelahiran Pancasila yang jatuh pada hari ini, Senin (1/6), harus dimaknai sebagai momentum untuk terus meningkatkan nasionalisme dan kecintaan terhadap bangsa dan negara Indonesia.


Apalagi, peringatan Hari Kelahiran Pancasila pada tahun ini terjadi saat negara dan masyarakat tengah menghadapi pandemik virus corona baru atau Covid-19.

Demikian disampaikan anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PAN, Saleh Partaonan Daulay, kepada Kantor Berita Politik RMOL sesaat lalu di Jakarta, Senin (1/6).

"Dalam situasi seperti ini, nilai-nilai Pancasila perlu diaktulisasikan dalam kehidupan sehari-hari," kata Saleh Daulay.

Menurut mantan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah ini, nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila saling mengisi dan berkaitan satu dengan yang lainnya.

"Nilai-nilai ketuhanan, kemanusian, persatuan, musyawarah dan gotong royong, dan keadilan. Nilai-nilai itu saling melengkapi antara satu dengan yang lain," tuturnya.

Lebih lanjut, Wakil Ketua Fraksi PAN di DPR RI ini berharap semua pihak senantiasa mengamalkan nilai-nilai Pancasila tersebut. Terutama dalam menghadapi pandemik Covid-19 di tanah air.

“Saya kira, hikmah peringatan Hari Kelahiran Pancasila bisa kita aktualisasikan. Pancasila harus dijadikan spirit dan inspirasi dalam menghadapi setiap tantangan yang ada," ujarnya.

"Dalam catatan sejarah nasional, sudah banyak tantangan yang kita hadapi. Semua itu bisa dihadapi jika kita semua merujuk secara konsisten kepada Pancasila,” demikian Saleh Daulay.