Muncul 2 Kasus Baru Positif Covid-19 di Sekadau

Berdasarkan uji swab di laboratorium Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Jakarta, 2 warga Sekadau terkonfirmasi Covid-19.


Wakil Bupati Sekadau, Aloysius mengatakan, pihaknya baru menerima hasil swab terhadap 2 kasus baru, yakni kasus 06 berjenis kelamin laki-laki (59) dan 07 berjenis kelamin perempuan (23) asal Kecamatan Sekadau Hilir.

"Kemarin kita sudah memulangkan mereka yang sudah sembuh. Hari ini, mucul lagi 2 kasus baru terkonfirmasi Covid-19," ujar Aloysius, Jumat (12/6).

Aloy, sapaan akrab Aloysius mengatakan, terhadap keduanya akan dilakukan isolasi secara ketat. Sehingga, bisa memutuskan rantai penyebaran Covid-19.

"Ini harus segera kita ambil tindakan," ucap Aloy.

Plt Kepala Dinas Kesehatan, PP dan KB Kabupaten Sekadau, Henry Alpius mengatakan, kasus 06 dan 07 ini merupakan klaster baru. Klaster baru tersebut, yakni klaster ASN dan tenaga kesehatan.

"Jadi klaster baru yang sebetulnya sudah kita isolasi secara ketat dan hasil rapid test pertama 5 Mei 2020 sudah reaktif. Kita isolasi secara mandiri di rumah, 28 Mei 2020 kita lakukan uji swab. Hari ini kita mendapat informasi 2 kasus baru terkonfirmasi Covid-19 berdasarkan uji swab di laboratorium (BBTKLPP) Jakarta," jelas Henry.

Pihaknya, kata dia, akan berkoordinasi untuk dilakukan isolasi. Henry mengatakan, dua kasus baru tersebut adalah Orang Tanpa Gejala (OTG), karena tidak menunjukkan adanya keluhan.

"Dengan adanya penambahan 2 kasus baru ini, sekarang yang diisolasi ada 3 kasus, 4 kasus sudah sembuh," beber Henry.

Tercatat dari hasil 10 sampel untuk uji swab yang telah dikirim, baru 2 yang sudah keluar dengan hasil terkonfirmasi Covid-19.

"Tinggal 8 yang belum keluar (uji swab)," ujarnya.

Henry kembali mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan bersama-sama mencegah penyebaran Covid-19.

"Jangan takut, karena penyakit ini bisa disembuhkan asal mengikuti protokol kesehatan dan apa yang dilakukan oleh petugas kesehatan," pungkasnya.