Dinkes Sekadau Lakukan Swab dan Rapid Test 650 Guru Serta Siswa

Sebanyak 650 guru serta siswa di Kabupaten Sekadau menjalani swab test dan rapid test antigen menjelang sekolah tatap muka yang akan dilaksanakan 1 Agustus 2020. Swab test dan rapid test ini dilakukan di dua sekolah, yaitu SMP Negeri 1 Sekadau Hilir dan SMA Negeri 1 Sekadau.


Plt Kepala Dinas Kesehatan, PP dan KB Kabupaten Sekadau, Henry Alpius mengungkapkan, swab test tersebut dilaksanakan dalam rangka mendukung wacana yang disampaikan Gubernur Kalbar dan Bupati Sekadau terkait sekolah tatap muka. Selain itu, swab test dan rapid test tersebut dilakukan menjaga Kabupaten Sekadau tetap berada dalam zona hijau.

"Jadi, sudah 5 minggu kita melaksanakan tracing. Kasus Covid-19 tidak ada," ujar Henry, Selasa (28/7).

Terkait wacana sekolah tatap muka, Dinas Kesehatan, PP dan KB Kabupaten Sekadau bekerjasama dengan puskesmas dan sekolah untuk melaksanakan swab bagi guru dan tenaga pendukung sekolah serta melakukan rapid test untuk siswa.

Rapid Test 650 Guru Serta Siswa/RMOLKalbar

"Guru semua kita langsung swab, ini untuk menjamin rencana pembukaan sekolah. Ini yang kedua kali, sebelumnya kita lakukan di SMP 1 Sekadau Hilir," ucap Henry.

Henry menambahkan, adapun total keseluruhan guru dan siswa di dua sekolah tersebut yang dilakukan swab test dan rapid test berjumlah 650 orang. Henry mengatakan, apabila belajar tatap muka dilakukan sesuai arahan Gubernur Kalbar, maka pihaknya juga akan memberikan pelatihan dalam rangka mengawasi penerapan protokol kesehatan di sekolah.

"Nanti ada pelatihan petugas di sekolah. Kita belum tahu bagaimana proses pembukaan sekolah ini, tergantung kebijakan Gubernur nantinya, apakah bertahap. Tapi, untuk langkah selanjutnya kita menyiapkan tenaga sekolah dan dilatih dalam rangka menangani protokol kesehatan," tutur Henry.