Bupati Sekadau Apresiasi Pembinaan Kelompok Tani Selalong I Saat Panen Raya Jagung Hibrida

Bupati Sekadau, Rupinus dan Wakil Bupati Sekadau, Aloysius melakukan panen raya jagung hibrida pola kemitraan kelompok tani bersama Polres Sekadau di Dusun Selalong I, Desa Selalong, Kecamatan Sekadau Hilir, Kamis (30/7).


Hadir mendampingi Bupati kala itu Kasat Bimas Polres Sekadau, Camat Sekadau Hilir, Kadus Selalongsatu serta para PPL dan perwakilan dari dinas Pertanian.

“Terima kasih kepada Polres Sekadau yang telah memberikan pembinaan kepada kelompok tani. Terima kasih juga kepada dinas. Ini binaan dari Polres Sekadau, Pak Camat dan dinas terkait dan kelompok tani,” kata Rupinus dalam keterangan tertulis, Senin (3/8).

“Jadi terima kasih yang sudah melakukan hal-hal yang positif. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini kita harus bertahan dengan sumber daya yang ada di daerah kita,” sambung Rupinus.

Menurut Rupinus, Sekadau memiliki lahan yang luas dan subuh. Sehingga, bisa diolah dengan menanam jagung. Ia mengatakan, makan jagung itu bisa tahan lapar karena jagung ini keras dan jagung relatif sehat, buktinya orang penyakit diabetes disarankan untuk makan gula tropika yang terbuat dari jagung.

“Jadi mudah-mudahan kedepan masyarakat kita terbiasa, jagung tidak hanya untuk ternak tapi untuk konsumsi juga. Mari kita lebih giat lagi berusaha memanfaastkan potensi sumber daya alam yang ada di daerah kita, ini luas dan subur. Ini apa saja yang ditanam tumbuh, salah satunya jagung, cabai dan terong juga ditanam sibur, ini dalam rangka untuk menunjang program ketahanan pangan, jangan sampai kita tergantung terus dari luar, kalaub sempat ada masalah segala beras tidak bisa datang di daerah kita, kita punya stok yang bisa dimakan, jagung, ubi, nyeli, itu makanan karbo hidrat sama saja seperti nasi. Cuma budaya kita tidak terbiasa jagung sebagai makanan sehari hari. Mari kita terus berbuat, program ini kedepan akan kita teruskan secara lebih baik lagi,” papar Rupinus.

Camat Sekadau Hilir, Safii Yanto berharap, panen raya jagung hebrida ini bisa menjadi komoditi andalan Kabupaten Sekadau kedepan.

“kita berharap setelah panen ini kelompok tani ini bisa diteruskan kembali,” harapnya.

Sementara itu, Kapolres Sekadau yang saat itu diwakili Kasat Bimas Polres Sekadau, IPTU Masdar mengatakan, bahwa Polres Sekadau ada pgroam kemitraan dengan kelompok tani swasembada pangan dalam rangka penanganan Covid-19.

“Jangan sampai pertanian colap, maka kita gandeng kelompok tani untuk menanam palawija, seperti jagung, terong. Harapan kita perekonomian tetap aman di Kabupaten Sekadau, kedepan ada kerjasama kembali dengan dinas pertanian,” pungkasnya.