Jadikan Corak Insang Mendunia Lewat Lomba Desain

Untuk memperkenalkan motif tenun corak insang secara luas, Dekranasda Kota Pontianak menggelar Lomba Desain Motif Tenun Corak Insang. Lomba ini dilaksanakan mulai tanggal 11 Agustus hingga 13 Oktober 2020 secara daring.


Ketua Dekranasda Kota Pontianak Yanieta Arbiastutie mengatakan, tema yang diusung dalam lomba ini adalah "Corak Insangku, Ini Jati Diriku". Melalui lomba ini pula, pihaknya ingin memperkenalkan corak insang khas Pontianak agar dikenal secara luas.

"Tidak hanya di Indonesia tetapi juga mendunia," ujarnya saat konferensi pers Lomba Desain Motif Tenun Corak Insang di Gedung UMKM Center, Senin (10/8).

Digelarnya lomba secara daring di era kehidupan normal baru ini, lanjut Yanieta, dalam rangka memenuhi protokol kesehatan. Mulai dari pendaftaran, interview serta mentoring dilakukan secara daring atau online. Sedangkan technical meeting akan menggunakan aplikasi zoom. Meskipun di era new normal ada keterbatasan gerak, namun ide untuk berkreasi dan berinovasi tidak ada batasnya.

"Selalu ada cara untuk tetap berkarya salah satunya melalui lomba secara daring ini," ungkapnya.

Yanieta menjelaskan, ada dua kategori lomba yakni Lomba Desain Motif Tenun Corak Insang Asli dan Kreasi. Untuk motif tenun corak insang asli atau orisinil, peserta membuat desain motif tenun corak insang dengan motif orisinil. Sedangkan untuk kategori kreasi, para peserta diminta membuat desain motif corak insang dengan mengkreasikan ornamen-ornamen khas Kota Pontianak.

"Tenun corak insang ini kan merupakan tenun khas Kota Pontianak, yang asli tetap dipertahankan dan dilestarikan terus, sedangkan kreasi akan dikembangkan dengan tidak menghilangkan kekhasan corak insang itu sendiri," jelasnya.

Ia berharap melalui lomba ini mampu mencetak perancang-perancang yang inovatif dan kreatif. Selain itu juga membuka wawasan bahwa motif tenun corak insang bisa menjadi alternatif dalam berkreasi di bidang fashion.

"Sehingga dapat menggerakkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di era new normal," pungkasnya. 

Bagi peserta Lomba Desain Motif Tenun Corak Insang wajib memfollow akun instagram Dekranasda Kota Pontianak dengan nama akun @dekranasdapontianak. Selanjutnya mendaftar pada link https://bit.lyLombaDesainMotifCorakInsang2020 mulai tanggal 11 Agustus hingga 13 September 2020.

Format formulir desain motif juga dapat diunduh melalui link yang terdapat di bio Instagram @dekranasdapontianak. Penyerahan sketsa paling lambat diterima oleh panitia pada tanggal 13 September 2020 pukul 24.00 WIB. Pengumuman pemenang tanggal 23 Oktober 2020 bertepatan dengan Peringatan Hari Jadi Kota Pontianak.