Plh. Danramil Hadiri Panen Padi Poktan Satya Tani di Desa Bange

Foto/Pendam
Foto/Pendam

Keberhasilan kelompok tani Satya Tani dalam panen padi Varietas Infago yang berlokasi di Desa Bange, Kecamatan Sanggau Ledo, Bengkayang, tidak lepas dari pendampingan yang dilakukan Babinsa dan PPL Sanggau Ledo guna mendukung program pemerintah dalam swasembada pangan.


Usai kegiatan, Plh. Danramil 1208-02/Sanggau Ledo, Peltu Basori menuturkan, rasa syukur dan rasa puas terhadap apa yang telah diperoleh masyarakat Desa Bange akan hasil panen padi saat ini, yang tidak lepas dari peran para Babinsa dalam memberikan motivasi terhadap masyarakat dengan menuai hasil yang sangat maksimal.

“Semoga ini sebagai upaya dalam meningkatkan produksi pangan, hingga mampu menjadi masyarakat ekonomi mapan,” kata Danramil, Senin (21/9).

"Untuk itu sebagai aparat kewilayahan, pendampingan terhadap kelompok tani merupakan salah satu tugas Babinsa, yang tujuannya untuk menyejahterakan para petani," tambahnya.

Sebelumnya, Samsul Hadi selaku Kasi Ketahana Pangan dan Penyuluhan menjelaskan, padi Varietas Infago tidak mengenal musim, tahan terhadap hama padi dan lebih ramah lingkungan. Sehingga bisa di aplikasikan dengan lahan di Sanggau Ledo yang kering. 

"Varietas Infago ini bisa ditanam di lahan kering dengan masa panen 90-95 hari setelah tabur benih," ucapnya.

Samsul juga berharap, agar masyarakat terus belajar dan meningkatkan pengetahuan cara bercocok tanam selain padi seperti jagung dan kedelai. 

Kegiatan itu juga dihadiri Kasi Binpotdirga Lanud, Hadi Soemantri Lettu Lek Tri Wahyu, Kapolsek Sanggau Ledo, Ipda Bhanu, Kasi Ketahanan Pangan dan Penyuluhan, Samsul Hadi, Kepala UPT Nyoto, Ketua Poktan Yalman, Kades se-Kec. Sanggau Ledo dan Ketua Poktan se-Kec. Sanggau Ledo.