46 Warga Terjaring Operasi Yustisi di Sekadau, 40 Orang Dirapid Test

Razia masker di Kabupaten Sekadau/RMOLKalbar
Razia masker di Kabupaten Sekadau/RMOLKalbar

Tim gabungan kembali melakukan razia masker di Kabupaten Sekadau, Kalbar. Sebelumnya, razia masker juga dilakukan dengan menyasar titik-titik keramaian di Sekadau.  


Kapolres Sekadau, AKBP Marupa Sagala, melalui Kasubbag Dalgar Bagren Polres Sekadau, AKP S. Simanjuntak mengatakan, operasi yustisi dilakukan untuk menegakkan aturan yang ada di Kabupaten Sekadau, yakni Perbup Nomor 45 tahun 2020. Operasi ini melibatkan TNI-Polri, Satpol PP, Dishub dan Dinkes Kabupaten Sekadau. 

"Dalam operasi ini kita lakukan tindakan kepada masyarakat yang tidak menggunakan masker. Hasilnya, masih ada warga yang tidak menggunakan masker," kata Simanjuntak, Selasa (6/10). 

Sedikitnya, ada 46 warga yang terjaring dalam razia masker tersebut. Sebanyak 40 orang di antaranya langsung menjalani rapid test. Hasilnya, semua dinyatakan nonreaktif.  

"Mereka kita berikan teguran lisan dan tertulis agar tidak mengulangi perbuatannya. Kemudian, ada juga yang kita berikan tindakan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mengucapkan teks Pancasila," ungkap Simanjuntak. 

Jumlah warga yang terjaring dalam razia masker yang dilakukan tim gabungan menunjukkan adanya penurunan. Kendati demikian, Simanjuntak mengimbau masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.  

"Jangan lupa, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Mari kita bersama-sama mencegah penyebaran dan penularan COVID-19," pesannya.