Polres Sekadau Kerahkan 120 Personel Amankan Debat Publik Pilkada

120 Personel Amankan Debat Publik Pilkada/RMOLKalbar
120 Personel Amankan Debat Publik Pilkada/RMOLKalbar

Sebanyak 120 personel Polres Sekadau dikerahkan dalam pengamanan debat publik kandidat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sekadau, yang digelar di gedung Paripurna DPRD Kabupaten Sekadau, Kamis (5/11).


Kapolres Sekadau, AKBP K. Tri Panungko, S.I.K., M.M melalui Kabagops AKP M. Aminuddin, S.I.K., M.H menjelaskan, pengamanan ini merupakan rangkaian dari kegiatan Operasi Mantap Praja Kapuas 2020.

Persiapan sebelumnya juga telah dilaksanakan pada Rabu (4/11) melalui simulasi pengamanan di gedung DPRD Sekadau. Dalam teknis pengamanan, seluruh personel sudah mengetahui cara bertindak dalam bertugas.

Kabagops menjelaskan, pengaman di lokasi debat publik kantor DPRD Sekadau terbagi menjadi tiga ring. Ring pertama didalam ruangan debat publik, ring dua sekitar area debat dan ring tiga diluar ruang debat publik.

Di lokasi posko pemenangan Paslon juga disiagakan personel pengaman. Pengamanan jalur juga dilakukan menuju lokasi debat publik, begitu juga pengawalan keberangkatan paslon menuju lokasi debat publik.

Protokol kesehatan diterapkan secara ketat. Paslon dan tim sukses sebelum memasuki gedung DPRD Sekadau melakukan pengecekan suhu tubuh, diwajibkan memakai masker, kemudian mencuci tangan dengan hand sanitizer, yang diarahkan tim medis dari Dinkes kabupaten Sekadau.

Kabagops menambahkan, setelah melakukan protokol kesehatan, paslon dan tim sukses kemudian diperiksa oleh personel kepolisian menggunakan metal detektor.

"Di dalam lokasi debat publik peserta dibatasi, hanya Paslon dan tim sukses yang mengenakan id card yang diperbolehkan masuk lokasi debat publik. Hal ini untuk mencegah penyebaran virus Covid-19," imbuh Kabagops AKP Aminuddin selaku Karendal Ops Mantap Praja Kapuas.

Pengamanan ini juga didukung oleh pihak TNI, Koramil Sekadau Hilir dan Satpol PP Kabupaten Sekadau.

"Diploting sesuai tugas masing-masing dan saling membackup satu sama lain, guna menjaga kondusifitas keamanan dan kelancaran pada gelaran debat publik Pilkada Kabupaten Sekadau," tambahnya.