Menko Airlangga: Data Menunjukkan Tren Pertumbuhan Ekonomi Positif

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto/Net
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto/Net

Pemerintah optimis mampu mpertumbuhan ekonomi nasional yang terpuruk dalam dua kuartal terakhir akibat pandemi Covid-19 akan membaik pada tahun depan. Indonesia dapat keluar dari resesi dan mencatatkan pertumbuhan ekonomi positif.


Sikap optimis pemerintah itu disampaikan Menteri Koordinator  Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, dalam acara Jakarta Food Security Summit-5, Rabu (18/11).

Airlangga mengatakan, optimisme pemerintah terhadap pertumbuhan ekonomi nasional di 2021, didasari pada  hasil survei dari sejumlah lembaga pemerhati keuangan baik dari dalam maupun luar negeri.

“Kalau kita lihat di tahun 2021 itu, berbagai situasi, berbagai lembaga menilai pertumbuhan kita positif dan pemerintah sendiri outlooknya di 5 persen,” ucap Airlangga.

Airlangga menjelaskan, beberapa faktor dari sisi lapangan usaha Indonesia sangat potensial menumbuhkan ekonomi.

“Seperti sektor pertanian, perhutanan ini masih positif, kemudian juga berbagai sektor lain terutama infokom juga positif, year on year (YoY). Secara kurtal to kuartal mulai dari industri pengolahan, pertanian, perdagangan, konstruksi, semuanya mengalami kenaikan,” jelas Ketua Umum Partai Golkar itu. 

Indikator itu yang membuat pemerintah optimis kondisi ekonomi dapat segera dipulihkan. "Itu yang menunjukkan kita dalam tren (pertumbuhan ekonomi) positif,” tandas Airlangga. 

Dalam acara yang dilakukan secara virtual itu turut hadir Presiden Joko Widodo serta sejumlah menteri, diantaranya Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil, Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.