Aplikasi SiHebat Menjawab Keinginan Masyarakat Singkawang

Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie/Mc Singkawang
Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie/Mc Singkawang

Dalam upaya mewujudkan Smart City di Kota Singkawang, Pemerintah Kota Singkawang meluncurkan aplikasi layanan publik berbasis android ‘SiHebat’ di Atrium Singkawang Grand Mall, Sabtu (11/12).


Melalui aplikasi besutan Dinas Kominfo Singkawang ini, masyarakat dan Pemkot Singkawang akan lebih mudah dan cepat untuk saling bertukar informasi dengan menggunggah setiap informasi yang terjadi di kota Singkawang secara real-time.

Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie hadir meresmikan peluncuran aplikasi SiHebat ini. Ia mengatakan peluncuran ini merupakan salah satu perwujudan dari Singkawang Smart City.

“Maka dari itu, langkah awal yang kita lakukan adalah dengan membangun smart branding melalui peluncuran aplikasi SiHebat. Kita harapkan kepada masyarakat kota Singkawang, apabila ingin mengadukan hal-hal yang mau disampaikan bisa melalui aplikasi ini. Contohnya pohon tumbang, jalanan macet, kerusakan jalan, kebakaran dan lain-lain,” ujarnya.

Ia berpesan kepada semua perangkat daerah, camat dan lurah se-kota Singkawang untuk selalu meng-update semua kegiatan di instansi kerja masing-masing, sehingga informasi tersebut dapat tersampaikan kepada masyarakat secara transparan.

“Contohnya di Dinas Kesehatan dalam masa pandemi ini. Misalnya pemberitaan tentang jadwal dan lokasi pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan, sehingga masyarakat bisa dengan mudah untuk datang ke lokasi yang dimaksud. Mereka juga bisa mengetahui informasi tentang vaksin apa saja yang akan dipergunakan saat itu,” ujarnya.

“Kemudian di Dinas Lingkungan Hidup, mereka bisa menginformasikan tempat pembuangan sampah (TPS) mana saja yang belum dibersihkan atau kondisinya sudah tidak bagus lagi. Dan informasi terkait beberapa TPS-TPS yang kita hilangkan, jadi masyarakat bisa tahu lokasi TPS yang dimaksud dimana dan alasannya kenapa,” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, Ia memohon kerjasama antara masyarakat dan seluruh OPD untuk saling bahu-membahu mewujudkan Singkawang Hebat melalui pemanfaatan aplikasi SiHebat ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Singkawang, Evan Ernanda mengatakan saat ini, aplikasi ini menghadirkan fitur-fitur yang memberikan informasi seputar kegiatan Pemerintah Kota Singkawang, nomor aduan masyarakat, laporan warga, peta lokasi perkantoran dan lokasi kunjungan terpopuler hingga kuliner ternama di kota Singkawang.

“Aplikasi SiHebat  ini juga menghadirkan fitur HOAX BUSTER yang berfungsi untuk menangkal isu-isu ataupun berita bohong yang meresahkan kehidupan masyarakat di Kota Singkawang,” ujar Evan Ernanda, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Singkawang.

Ia mengharapkan setiap perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Singkawang bekerjasama dalam memberikan layanan terbaik dan informasi up to date kepada masyarakat yang terintegrasikan melalui aplikasi SiHebat ini.

“Kolaborasi antar perangkat daerah kota Singkawang ini ditujukan untuk menjawab tantangan revolusi industri 4.0, sehingga visi misi Singkawang Hebat pun dapat terwujud,” ujarnya.