BMKG Keluarkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi Hingga 4 Meter

Foto/Net
Foto/Net

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pontianak mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpontensi terjadi di beberapa wilayah perairan pada 31 - 1 Agustus. 


Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Pontianak, Slamet Wiyono, S.T mengatakan, pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Timur - Selatan dengan kecepatan angin berkisar 5 - 20 knot, Minggu (31/7).

"Wilayah Indonesia bagian Selatan dominan bergerak dari Timur - Tenggara dengan kecepatan again berkisar 5 - 20 knot, kecepatam angin tertingi terpantau di Laut Natuna Utara, Selat Makasar bagian Selatan, Laut Banda dan Laut Arafuru," terangnya

Slamet, harap diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran, perahu nelayan kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 M. 

Ia menambahkan, kapal tongkang kecepatan angin lebih dari 16 knot Dan tinggi gelombang di atas 1.5 M. Kapal fery kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 M. kapal ukuran besar kapal kargo atau kapal pesiar kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 M. 

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal beraktivitas di pesisir sekitar area Yang bepeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," himbaunya.