BPTD Kalbar Gelar Rapat Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Dalam Rangka Menuju Zero Odol 2023

Foto/RMOLKalbar
Foto/RMOLKalbar

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XIV Provinsi Kalbar melaksanakan rapat forum lalu lintas dan angkutan jalan, pengawasan dan penindakan angkutan barang dalam rangka menuju zero odol 2023, di Hotel Golden Tulip Pontianak, Selasa (9/11).

Usai Rapat, kepala BPTD Kalbar Syamsuddin mengatakan, tahun lalu sudah dilakukan penanda tanganan MoU bersama seluruh stakeholder sepakat melakukan dan mendukung penanganan zero odol di Kalbar.

"Kita sudah melakukan pengawasan dan penindakan dilapangan 4 jembatan timbang Siatan, Sosok, Sintang dan Satong  secara maksimal. Hampir 50% lebih angkutan barang ini melanggar ada kelebihan muatan, kirnya mati, dimension truck tidak sesuai standar ini kita sudah melakukan penindakan dengan penilangan, transfer muatan, normalisasi kendaraan yang melebihi deminsi," kata Syamsuddin

Syamsuddi, masih banyak masalah yang muncul dilapangan para supir sering ngetem saat kita melakukan penindakan di sekitar jembatan timbang mereka tidak mau masuk jam operasional pelayanan. 

"Semua komitmen bersama untuk mendukung bahwa pelanggaran yang di akibatkan oleh angkutan barang yang melebihi muatan dan melebihi deminsi sangat merugikan semua pihak. Semua sepakat efek negatif odol sangat berpengaruh dan merugikan semua pihak tidak masyarakat saja negara pun dirugikan," terangnya.

Ia menambahkan, semua stakeholder sepakat memerangi menimalisir mengurangi sampai nanti menjadi zero terhadap angkutan barang benar-benar standar sehingga tidak ada lagi dijalan truck yang melintas Over Dimension dan Over Load (ODOL) 

"Komitmen bersama dari kementrian perhubungan, kepolisian, dishub dan jasa raharja untuk melakukan razia gabungan secara berkala," pungkasnya.