BRGM Gelar Bimtek, Membangun Desa Mandiri Peduli Mangrove

Foto/RMOLKalbar
Foto/RMOLKalbar

Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) laksanakan bimtek dengan tema penulisan draf produk hukum desa untuk perlindungan dan pemanfaatan ekosistem lahan basah di tingkat desa dan komonitas, di Hotel Mercure Pontianak, Selasa (28/9).


Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) dilaksanakan salama 2 hari 28-29 September dan di ikuti 17 pendamping desa mangrove. 

Di selah-selah bimtek kepala kelompok kerja edukasi dan sosialisasi Badan Restorasi Gambut dan Mangrove Dr. Ir. Suwignya Utama, MBA menyampaikan, bimtek ini dunia teknis untuk melatih pendamping desa mandiri, pasilitator desa gambut (pasdes), sekretaris desa dan badan permusyawaratan desa (BPD).

"Selain aspek teknis tanam menanam mangrove juga ada pendekatan yang namanya kelembagaan desa. Kita membangun desa mandiri peduli mangrove sehingga tidak hanya menanam dengan kelompok tetapi kita membangun mengandeng desanya," kata Suwignya.

Dalam kerangka desa peduli mangrove itu intinya ada pemetaan sosial dan spasial jadi kondisi mangrovenya dipetakan untuk membuat profil desa, 

Ia menambahkan, setelah itu ada penguatan kelembagaan desa ada dua aspek pertama penguatan kelembagaan desa seperti sekarang ini yaitu memperkuat peraturan desa untuk menjaga mangrove, diharapkan mengintegrasikan kegiatan rehabilitasi mangrove dalam perencaan pusat. 

"Diarahkan kedepan antar desa mangrove saling bekerjasama, di dorong juga Kabupaten membuat kawasan perdesaan mangrove itu idialnya. Selain tugas pokok mendampingi popmas dalam rehabilitasi mangrove nanti kita dorong  menyiapkan peraturan lokal di desa terkait menjaga mangrove," pungkasnya.