Bupati Mempawah Penyaluran BLT Dana Desa di Dua Kecamatan

Bupati Mempawah, Erlina melakukan penyaluran BLT Dana Desa di dua Kecamatan, di antaranya Kecamatan Toho dan Anjongan, kamis (2/7).


Penyerahan bantuan oleh Bupati tersebut berjalan penuh keakraban dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Di kecamatan Toho kita salurkan ke 178 penerima manfaat pada empat dusun di Dusun Pak utan, Dusun Bayung, Dusun Sibo Hilir dan Dusun Sibo Hulu. Sementara di Kecamatan Anjongan, sebanyak 160 penerima manfaat dari empat (4) dusun telah terdaftar, masing-masing sebanyak 40 KK dari Dusun Bilado, Dusun Lahuak, Dusun Peladis, dan Dusun Kepayang," ujar Bupati.

Pada Kegiatan tersebut juga diihadiri Kepala Dinas Sosial PPPAPMPD, para kepala desa serta unsur Muspika.

"Untuk antrian penyaluran BLT DD kita prioritaskan untuk lansia, ibu hamil dan warga yang membawa anak-anak," katanya.

Kesempatan itu dimanfaatkan Bupati Mempawah untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat terkait arahan protokol kesehatan pada era tatanan kehidupan baru.

"Saya berpesan kepada seluruh masyarakat untuk terus membiasakan diri dengan kebersihan, selalu cuci tangan dan menggunakan masker. Harapan kita bersama agar Kabupaten tercinta kita ini terbebas dari covid-19," pesannya.

Sementara untuk Kepala Desa Pak bupati mengingatkan agar selalu melaksanakan tugas sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

"Untuk kepala desa agar selalu berpegang pada aturan-aturan yang berlaku, yaitu Permendes nomor 6 tahun 2020. Agar semua kebijakan dapat dipertanggungjawabkan dengan transparansi yang jelas. Kepada para penerima manfaat agar memanfaatkan dana yang sudah didapat, bijaklah menggunakannya sehingga manfaat dapat benar-benar dirasakan," katanya.

Ia juga menambahkan bahwa penerima manfaat dapat mensosialisasikan kepada warga yg tidak menerima bantuan sehingga tidak terjadi kesalahpahaman.

Pada kesempatan yg sama Erlina juga memaparkan bahwa terdapat tiga (3) syarat penerima BLT DD.

"Penerima BLT DD ini ada syaratnya yaitu warga yang belum pernah menerima bantuan apapun dari pemerintah pusat. Kedua warga yang putus kerja atau terkena PHK. Ketiga warga yg punya penyakit kronis," tuturnya.

Ucapan terima kasih juga diaturkan Bupati Erlina seiring menanyakan kabar masyarakat penerima manfaat. Sehingga suasana penyaluran berjalan lancar penuh keakraban.

"Saya juga berterima kasih pada penjabat desa atas kinerjanya selama ini," pungkasnya.