Cegah Stunting, Pemkab Bagikan Paket Ikan Segar

Foto/Prokopim
Foto/Prokopim

Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan menyerahkan bantuan 1.500 paket ikan segar dan olahan hasil perikanan dalam rangka pencegahan dan penanganan stunting di Kecamatan Teluk Pakedai, Selasa (11/10). 


Bantuan diberikan dalam kegiatan Gemarikan (Gerakan Memasyaratkan Makan Ikan) yang digelar Dinas Perikanan Kabupaten Kubu Raya. Bantuan tersebut terdiri atas 700 paket ikan segar untuk ibu hamil, ibu menyusui, dan balita. Sementara 800 makanan ringan olahan hasil perikanan diberikan untuk siswa PAUD, TK, KB, dan RA. 

“Alhamdulillah kita semua terus berupaya agar anak-anak kita tubuhnya jangan sampai stunting dan berisiko gizi. Kegiatan Gemarikan ini biar nanti semua anak-anak kita lebih semangat dan tumbuh lebih cerdas lagi,” tutur Muda Mahendrawan di Aula Kantor Camat Teluk Pakedai.

Muda menyebut kegiatan Gemarikan sangat strategis dalam membentuk generasi yang kuat. Sebab, gemar makan ikan dapat menjadi salah satu cara untuk membantu pencegahan stunting. Kampanye Gemarikan, menurut dia, sejalan dengan visi bahagia Pemerintah Kabupaten Kubu Raya.

“Tidak ada yang lebih membahagiakan selain kita melihat generasi kita tersenyum dan sehat. Serta nantinya mereka punya daya juang tinggi untuk kemandirian dan bekal mereka,” ujarnya. 

Ia menerangkan kegiatan Gemarikan bertujuan memperkuat kesehatan masyarakat khususnya ibu dan anak. Kampanye Gemarikan yang melibatkan Dinas Perikanan, Dinas Kesehatan, dan Dinas Pendidikan, sebutnya, merupakan potret sinergi dalam mengatasi persoalan bersama.

“Kegiatan Gemarikan memastikan bahwa ini adalah pola untuk kita kepung bakul sama-sama. Kita mengepung semuanya supaya tidak ada yang stunting karena gizi kurang sekaligus tidak ada yang tidak terdidik,” jelasnya.

Muda menyatakan akan terus memasifkan Gemarikan demi mengejar nihil stunting termasuk nihil angka kematian ibu dan kematian bayi. Dirinya berharap kegiatan Gemarikan dapat berkontribusi dalam menurunkan angka stunting di Teluk Pakedai. 

“Kita semua punya iktikad dan daya juang yang keras untuk benar-benar mencapai nihil stunting. Jadi ini betul-betul kita kawal. Ibu-ibu dan anak-anak akan terus kita berikan program dan pelayanan yang maksimal,” ucapnya.

Ketua TP PKK sekaligus Bunda PAUD Kubu Raya Rosalina Muda berterima kasih atas kerja sama Dinas Perikanan, Dinas Kesehatan, dan Dinas Pendidikan yang telah menggelar kegiatan Gemarikan di Kecamatan Teluk Pakedai. Ia mengungkapkan kegiatan Gemarikan sendiri secara rutin digelar setiap tahunnya di Kubu Raya. 

“Istimewanya hari ini adalah kita dikawal langsung oleh Pak Bupati dan para kepala Perangkat Daerah. Terima kasih kepada Dinas Perikanan, Dinas Kesehatan, dan Dinas Pendidikan yang telah mengepung bakul kegiatan Gemarikan ini,” ucap Rosalina.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kubu Raya Hefmi Rizal mengatakan persoalan stunting menjadi salah satu fokus utama di Indonesia yang masih harus dilakukan pencegahannya hingga saat ini. Konsumsi ikan, kata dia, dapat menjadi salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan gizi sehingga membantu dalam pencegahan stunting. 

“Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan atau Gemarikan ini adalah gerakan yang memotivasi masyarakat untuk mengonsumsi ikan secara teratur dalam jumlah diisyaratkan bagi kesehatan. Supaya terbentuk manusia Indonesia yang sehat, kuat, dan cerdas,” jelasnya.

Hefmi mengatakan penduduk indonesia memiliki tingkat konsumsi ikan yang masih dikategorikan rendah. Bahkan di kawasan Asia Tenggara, Indonesia masih kalah dari Singapura dan Malaysia. Terlebih jika dibandingkan dengan Jepang dan Korea.

“Rendahnya konsumsi ikan perkapita penduduk di Indonesia ini berbanding terbalik dengan wilayah kita yang kaya akan sumber protein nabati ini,” jelasnya.