Di Duga Ada Penyelewengan Dalam Seleksi Pemilihan Kadus Sungai Raya Dalam

Khairil Anwar, SH/RMOLKalbar
Khairil Anwar, SH/RMOLKalbar

Mencuatnya isu yang beredar di Desa Sungai Raya Dalam bahwa seleksi pemilihan Kepala Dusun ada dugaan penyelewangan oleh oknum panitia penjaringan calon Kepala Dusun di Lima Dusun dalam wilayah Desa Sungai Raya Dalam.


"Saya selaku Kepala Desa, di dalam Perda no 2 tahun 2019 sudah jelas, Kepala Desa itu membentuk panitia penjaringan, penyaringan ini dan alhamdulilah sudah kita bentuk dan sudah di SK kan serta berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku untuk melakukan pelaksaan kegiatan penjaringan dan  seleksi administrasi dan juga ujian tes dan wawancara yang diselenggarakan oleh Camat Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya," kata Khairil Anwar yang di konfirmasi langsung di ruang kerjanya, Senin (5/4).

Lanjutnya, sampai saat ini saya juga heran tidak ada laporan kepada saya, dalam peraturan sudah jelas panitia hanya sebatas melaksanakan kegiatan test tertulis, test wawancara dan penjaringan setelah itu di sampaikan kepada Kepala Desa, setelah itu dari Desa dibawa ke Kecamatan yang nantinya Camat yang merekomendasikan para calon Kepala Dusun tersebut.

"Test wawancara yang dilakukan oleh pak Camat pun nilainya tidak digabungkan dengan test tertulis sehingga timbul pertanyaan bagi peserta,"  ujar Khairil.

Khairil menambahakan, seakan-seakan panitia yang lebih berkuasa dari kepala desa, karena dalam perda No. 2 tahun 2019 mengacu pasal No. 16 tentang pendaftaran, apakah pendaftaran ini jumlah peserta secara global atau per wilayah Dusun, kalau per wilayah Dusun ini memang kurang tapi kalau ini secara global jelas lebih.  

"Kalau kita baca perda Pemdes hanya memfasilitasi saja, yang bekompeten itu Desa sama Camat," katanya

Menurutnya seharusnya test wawancara yg dilakukan oleh Camat ada nilainya karena tidak mungkin seseorang yang tidak tahu wilayah serta bidang Pemerintahan bisa layak menjadi perangkat Desa. Test yang dilakukan oleh pak Camat ini sangat penting untuk menambah wawasan apabila kelak menjadi Kepala Dusun jangan sampai ditanya berapa dusun berapa luas desa sungai Raya dalam tidak tahu susah juga.  

Setelah mencoba menghubungi Ketua panitia, Suhardi melalui pesan singkat whatsapp mengatakan, boleh lansung kesekretaris saya saja karena saya masih sibuk. Sampai berita ini di tayangkan belum ada keterangan lebih lanjut dari panitia.