Dorong Kegiatan Ekonomi Mikro di Kecamatan Sekayam Sanggau, PLN Bantu Pengadaan Mesin Produksi

Foto/Humas PLN UIW Kalbar
Foto/Humas PLN UIW Kalbar

Dalam rangka mendukung pengembangan ekonomi mikro yang dikelola oleh BUMDes Raut Maju, di Desa Raut Muara, Kecamatan Sekayam Kabupaten Sanggau, PLN Kalbar melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) menyerahkan bantuan mesin produksi dan kelengkapan lainnya untuk meningkatkan produktivitas usaha pemanfaatan limbah daun sawit. 


Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Manager PLN UP3 Sanggau, Muhammad Isra, Senin (19/9).

Ketua Bumdes Raut Maju, Dedi Hartarto, menuturkan bahwa banyak potensi masyarakat  Desa Raut Muara yang masyarakatnya mempunyai kebun sawit. Salah satunya adalah limbah daun sawit yang jumlahnya cukup banyak, hanya belum terkelola secara maksimal sehingga bernilai ekonomis.

“Daun sawit yang keberadaannya sangat melimpah masih belum dimanfaatkan oleh masyarakat Desa Raut Muara. Oleh sebab itu, melalui BUMDes Raut Maju, kami berinisiatif untuk membuat program pengolahan daun sawit menjadi lidi sawit yang lebih bernilai ekonomis,” ungkap Dedi.

Dedi juga menuturkan, bantuan yang diberikan PLN, sangat bermanfaat bagi masyarakat Desa Raut Maju untuk meningkatkan produktivitas sumberdaya yang banyak dimiliki, utamanya lidi sawit. Diakuinya,  permintaan lidi sawit cukup banyak, terutama digunakan untuk berbagai kerajinan tangan maupun peralatan rumah tangga.

“Harga sawit yang tidak stabil membuat masyarakat berpikir untuk bisa mencari tambahan pemasukan keluarga. Kegiatan pemanfaatan limbah daun sawit ini pastinya akan memberikan manfaat yang cukup besar bagi masyarakat," imbuh Dedi.

Kepala Desa Raut Muara, Eli Dosan, tak mampu menyembunyikan rasa harunya atas perhatian dan bantuan yang telah diberikan PLN.

“Atas nama warga, kami mengucapkan banyak terimakasih kepada PLN. Melalui program PLN Peduli bisa membantu kami dalam merealisasikan program pengolahan lidi sawit ini," ucap Eli.

Sementara itu, Manager PLN UP3 Sanggau, Muhammad Isra, menyebutkan bahwa kehadiran program TJSL ini diharapkan mampu  memberikan bermanfaat bagi masyarakat, khususnya dalam mendorong pertumbuhan  ekonomi masyarakat.

"Program TJSL PLN mengutamakan program pemberdayaan masyarakat yang diharapkan mampu mengakomodir produktivitas usaha yang dikelola oleh masyarakat, terutama dalam memanfaatkan sumberdaya yang ada di sekitar pemukiman warga," tegas Isra.