DPC P-APDESI Sambas Bersama Pemerintah Provinsi Kalbar Bahas Kebijakan Penggunaan CSR

Foto/RMOLKalbar
Foto/RMOLKalbar

Gubernur Kalimantan Barat. H.Sutarmidji, S.H., MHum secara langsung menerima Perwakilan DPC P-APDESI Kabupaten Sambas yang mana diwakili oleh Mulyanto, S.H, M.H sebagai perwakilan Kades Sejangkung di ruang Praja II Kantor gubernur Kalimantan Barat, Kamis (11/2).


Pertemuan berlangsung dengan agenda penyampaian aspirasi tentang tidak adanya peran dari perusahaan perkebunan sawit dalam memberikan kontribusinya melakukan pembangunan di desa sekitar lahan produksi sawitnya di wilayah Kabupaten Sambas khususnya terkait program CSR (Coorporate Social Responsibility).

KADIN Kalbar yang diwakili oleh Lukman Albar, diharapkan dapat memberikan masukan serta pendapat dan pandangan kepada Pemprov Kalbar dalam memberikan rumusan pembangunan di Kalimantan barat. 

"Dengan mengoptimalisasikan Coorporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan- perusahaan perkebunan dan pertambangan yang sedang berinvestasi serta beroperasional di beberapa wilayah daerah Kabupaten yang ada di Kalimantan Barat ini," terangnya.

"Idealnya perusahaan Sawit dapat membangun jalan di arealnya sendiri,dengan membantu mewujudkan percepatan IDM (Indek Desa Membangun) pada tingkat pedesaan dengan mentargetkan agar mendapatkan capaian tertinggi sehingga menjadi Desa Maju target tersebut juga merupakan skala prioritas bagi Pemerintahan di tingkat Propinsi dan Pemerintahan di tingkat kabupaten di wilayah Kalimantan Barat," lanjutnya.

Turut hadir BAPPEDA Kalbar, Dinas Perkebunan Kalbar, KADIN Kalbar, GAPKI (Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia) bersama-sama Pemprov membuat rumusan agar dapat menjadi ketetapan untuk menerapkan kebijakan penggunaan CSR yang tepat guna dan tepat sasaran demi kesejahteraaan masyarakat yang berdampingan dengan lahan perkebunan milik perusahaan perkebunan sawit.