Elektabilitas Airlangga Melejit, Doli Kurnia: Hasil Kerja Keras Kader Di Arus Bawah

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto/Dok
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto/Dok

Keinginan Partai Golkar untuk mengusung calon presiden sendiri dari kader asli partai telah diputuskan pada Munas X Golkar pada 2019 lalu.


Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia, mengatakan, sejak Munas 2019 itu, bermunculan pendapat dan pandangan dari arus bawah yang menginginkan Airlangga Hartarto maju sebagai calon presiden dari Golkar.  Bahkan, aspirasi itu secara bulat disampaikan secara resmi pada Rakernas dan Rapimas Partai Golkar, 5-6 Maret lalu.

Doli Kurnia menilai, aspirasi dari arus bawah di Partai Golkar untuk mengusung calon presiden dari kader asli partai kini semakin meluas. Itulah yang membuat elektabilitas Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar semakin tinggi.

Bagi  Doli Kurnia, hasil survei terbaru Kelompok Kajian dan Diskusi Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) semakin menegaskan hal itu. Dalam survei tersebut, Airlangga mucul sebagai tokoh dari unsur partai politik yang dinilai publik paling layak menjadi Presiden di 2024.

“Survei itu menunjukkan bahwa aspirasi arus bawah yang berkembang di Partai Golkar sudah mulai meluas," kata Doli Kurnia seperti dilansir Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (14/4).

Memang, sampai  saat ini, Airlangga belum menjawab secara pasti desakan para kader untuk maju sebagai calonn presiden 2024 mendatang.

"Beliau saat ini masih fokus pada urusan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi," kata Doli Kurnia.

Meski demikian, Doli terus menyemangati para kader untuk bekerja serius meningkatkan elektabilitas partai dan capres dari partai.

“Saya sampaikan kepada mereka, kalau kita punya keinginan, kita harus bekerja serius meningkatkan elektabilitas. Mungkin hasil kerja mereka itu yang mulai terlihat dalam hasil survei (KedaiKOPI) itu," ujar Doli Kurnia.

Berdasarkan hasil survei KedaiKOPI yang dirilis Senin (12/4) lalu, Airlangga Hartarto memiliki elektabilitas tertinggi sebagai tokoh dari unsur parpol yang dinilai paling layak menjadi Presiden di 2024.

“Elektabilitas tokoh parpol, Airlangga Hartarto 17,6%, Prabowo Subianto 15,6%, Sandiaga Salahuddin Uno 13,7%," kata Direktur Eksekutif Kedai Kopi Kunto Adi Wibowo saat memaparkan hasil surveinya melalui daring.