Gandeng Perangkat Desa, PLN Pemangkat Tingkatkan Layanan Kelistrikan Kepada Masyarakat

Foto/Humas PLN UIW Kalbar
Foto/Humas PLN UIW Kalbar

Dalam rangka menerapkan sikap peduli terhadap keselamatan ketenagalistrikan sekaligus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Pemangkat melakukan sosialisai di kantor Kepala Desa Sungai Nyirih, Kecamatan Jawai Kabupaten Sambas, Kamis (6/1). 


Manager PLN ULP Pemangkat, Heri Suwanto, menyampaikan bahwa kegiatan ini secara rutin dilaksanakan untuk menghimbau masyarakat agar lebih berhati-hati dan ikut menjaga instalasi listrik disekitar tempat tinggalnya, menginformasikan promo dan layanan PLN, serta mendapatkan umpan balik dari masyarakat untuk perbaikan layanan. 

“Listrik merupakan kebutuhan pokok masyarakat saat ini, tapi kita harus waspada dalam menggunakannya. Sebagai contoh, dalam kegiatan pembangunan di desa, tidak jarang bersinggungan dengan jaringan listrik, ini yang perlu kita waspadai dan perlu adanya sinergi yang baik antara PLN dengan perangkat desa demi keselamatan dan kemajuan bersama,” tutur Heri.

Dalam kesempatan itu, Heri juga memperkenalkan aplikasi PLN Mobile kepada warga yang hadir. Menurutnya, melalui aplikasi ini masyarakat dapat mengakses layanan kelistrikan tanpa harus berinteraksi dengan petugas atau datang ke kantor PLN.

"Seluruh layanan kelistrikan saat ini dapat dinikmati lewat aplikasi PLN Mobile, seperti mengajukan permohonan pasang baru, perubahan daya, penerangan sementara, bayar rekening atau membeli token listrik, catat meter secara mandiri, melaporkan jika terjadi gangguan listrik, serta masih banyak kemudahan layanan kelistrikan lainnya yang dapat dinikmati pelanggan tanpa harus datang ke Kantor PLN," pungkas Heri

Sementara itu Plt. Kepala Desa Sungai Nyirih, Purnama, juga menyampaikan bahwa segala aktivitas yang dilakukan oleh warga, tidak terlepas dari keberadaan listrik. Pembangunan yang dilaksanakan di desa tidak terlepas dari ketersediaan listrik sebagai faktor pendorong. Dengan adanya sosialisasi dari PLN, pihaknya mengaku lebih memahami pentingnya ikut peduli dan menjaga keandalan pasokan listrik. Menghimbau masyarakat untuk mengikhlaskan pohon atau tanam tumbuh yang dimiliki yang berada didekat jaringan listrik untuk dapat ditebang oleh petugas, serta melakukan koordinasi apabila ada pembangunan disekitar jaringan listrik, batas bangunan di bawah jaringan, pohon yang mengganggu pasokan listrik serta tips menggunakan listrik secara aman di rumah.

“Listrik ini sangat penting sebagai pendukung utama kegiatan yang kita lakukan sehari-hari. Melalui sosialisasi kelistrikan yang dilaksanakan oleh PLN ini, kami menjadi lebih paham dan turut peduli untuk menjaganya, karena listrik ini sebenarnya milik kita bersama karena kita juga yang menikmatinya. Setelah ini Kami akan ikut menghimbau masyarakat agar tertib dalam penggunaan listrik dan melaporkan apabila ada kondisi yang mebahayakan demi keselamatan bersama,” imbuhnya.