Indikator Penanganan Covid-19 Membaik, Airlangga Minta Masyarakat Tetap Disiplin

Sepekan sejak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro, tren jumlah kasus aktif di Indonesia mulai menurun.  Meski demikian, Masyarakat diimbau tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan secara ketat.


Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto usai menggelar rapat koordinasi terkait perkembangan pelaksanaan PPKM Mikro, Kamis (18/2).

Dalam sepekan terakhir, jumlah kasus aktif secara nasional mengalami penurunan sebanyak 17,27%. Bed Occupancy Ratio (BOR) menunjukan angka kurang dari 70% dari kapasitas yang tersedia di berbagai daerah.

"Tren kesembuhan terus meningkat dan angka kematian akibat Covid-19 terus menurun. Indikator ini membuat kita semua bersyukur dan berterima kasih kepada seluruh masyarakat," jelas Airlangga.

Selain itu, kata dia, tren kepatuhan protokol kesehatan di masyarakat juga cenderung mengalami peningkatan, yakni berada di kisaran 87,64 persen hingga 88,73 persen.

Airlangga menegaskan, hasil positif tersebut tidak akan terjadi tanpa kerja sama seluruh pihak. Oleh karenanya, ia mengimbau kepada masyarakat tren penurunan ini tersebut tidak justru membuat lengah dan berpuas diri.

"Saya mengajak semua pihak untuk terus waspada dan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat," demikian Ketua Umum Partai Golkar ini.