Jaga Stamina dan Imunitas Melalui Olahraga TRX

Foto:Rindam XII/Tpr
Foto:Rindam XII/Tpr

Guna memperoleh fisik yang bugar dan menjaga imunitas tubuh agar kesehatan prajurit selalu prima, Rindam XII/Tpr selalu menggelar kegiatan olahraga baik terhadap prajurit Rindam XII/Tpr maupun perserta didik, Jumat (4/6).


Salah satu olahraga yang dilaksanakan adalah olahraga TRX (Total Body Resistance Exercise). Pada kesempatan ini, prajurit peserta Pelatihan Pratugas Penebalan Satuan BKO Kodim Persiapan Wilayah Timur (Satgas Apter) dilatih untuk menguasai olah raga yang praktis dan dapat dilaksanakan dimana saja . Kegiatan Olahraga TRX ini bertempat di kolam renang Tirta Yudha Rindam XII/Tpr, jalan Pasir Panjang, Sedau, Kota Singkawang.

Perwira Jasmani (Pajas) Rindam XII/Tpr, Kapten Inf Budiyono menjelaskan kegiatan yang dilaksanakan ini cukup memberikan manfaat yang sangat tinggi untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan fisik serta membekali prajurit untuk tetap memelihara kebugarannya di daerah penugasan.

"Olahraga TRX ini mempunyai manfaat yang luar biasa bagi tubuh, diantaranya mengencangkan otot, memperbaiki postur tubuh, meningkatkan fleksibilitas, meredakan stres, dan meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah. Berbagai manfaat yang diperoleh dari olahraga ini tentu dapat membuat tubuh prajurit semakin sehat untuk meningkatkan imunitas dalam tubuh khususnya di masa pandemi sekarang ini agar terhindar dari paparan Covid-19 terutama bagi  prajurit yang akan melaksanakan penugasan, mereka akan dapat melatih diri di manapun mereka ditempatkan ," ungkap Pajas.

Ia menambahkan, prajurit harus selalu melatih kekuatan fisik agar menambah kekuatan dan imunitas tubuh serta fisik yang prima dalam menghadapi panggilan Ibu Pertiwi untuk menjaga keutuhan NKRI.

 "Olahraga TRX ini menggunakan beban tubuh sebagai alat latihan yang digunakan denga cara bertumpu pada tali yang diikatkan pada tiang atau bisa juga pada pohon sebagai sarana dan kaitan tersebut bermanfaat untuk melatih semua bagian tubuh agar memiliki postur tubuh yang ideal. Selain TRX, kita juga melaksanakan fitness di ruang Gym yang juga merupakan salah satu fasilitas yang terdapat di kolam renang Tirta Yudha Rindam XII/Tpr," pungkasnya.