Jokowi Bantu 2000 Paket untuk Korban Gempa Pasaman Barat, 1000 Paket di Pasaman

Foto/Ist
Foto/Ist

Bantuan Presiden RI, Joko Widodo untuk korban gempa telah sampai di Pasaman Barat dan langsung diserahterimakan pada Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi. Bantuan yang diangkut oleh truk kontainer tersebut, langsung parkir di halaman rumah dinas Bupati.


"Kami menyampaikan terimakasih pada bapak presiden atas bantuan dan perhatian yang telah diberikan pada warga Pasaman Barat," kata Hamsuardi di Simpang Empat, Selasa (1/3).

Ia berharap, bantuan itu sangat berguna bagi warga yang terdampak gempa terutama yang rumahnya rusak dan hidup dalam tenda pengungsian.

Hamsuardi memaparkan jumlah paket yang diserahkan Presiden ada 2.000 paket yang berisikan beras, bahan makanan, roti, minuman dan lainnya.

Bantuan dari presiden itu rencananya akan disalurkan kepada warga pada Selasa malam, dengan sistem satu paket untuk satu Kepala Keluarga (KK).

"Malam nanti akan disalurkan kepada warga dengan sistem satu KK menerima satu paket, jadi bukan orang perorang," katanya.

Ia mengatakan, sasaran penyaluran yang utama adalah korban di posko pengungsian utama yang berlokasi di halaman kantor bupati Pasaman Barat.

"Diutamakan bagi pengungsi di sini (posko pengungsian utama) terlebih dulu, setelahnya baru didistribusikan ke posko-posko yang sudah dibentuk di berbagai lokasi," katanya.

Hamsuardi berharap, bantuan tersebut dapat berguna bagi warga yang kini masih kesulitan karena terdampak gempa.

Selain 2.000 paket untuk warga di Pasaman Barat, bantuan presiden juga datang untuk warga di Kabupaten Pasaman sebanyak 1.000 paket.

Pada bagian lain, hingga Selasa sore, Satuan Tugas Tanggap Darurat Bencana Pasaman Barat masih terus melakukan pendataan dan validasi rumah warga yang rusak, dan jumlah pengungsi di kawasan setempat.

Menurut Komandan Pos Komando Tanggap Darurat Pasaman Barat, Hery Bhakti saat ini warga terdampak korban gempa Pasaman Barat masih membutuhkan tenda, susu ibu hamil, susu anak, kasur, selimut, beras dan bahan makanan lainnya.