Kado Terindah Jelang Natal dan Tahun Baru, PLN Nyalakan Listrik 2 Desa Di Kabupaten Landak

Foto/Humas PLN UIW Kalbar
Foto/Humas PLN UIW Kalbar

Ribuan warga Dusun Sebirang dan Dusun Kota Baru di Desa Sebirang dan Dusun Tareng, Damar, serta Sebua di Desa Amboyo Selatan sambut penuh suka cita listrik PLN yang kini telah menyala di rumah mereka.


"Ini menjadi kado terindah jelang perayaan natal dan tahun baru bagi ratusan rumah warga di Desa Sebirang dan Desa Amboyo Selatan," ungkap Bupati Landak, Karolin Margret Natasa, pada acara peresmian listrik di 2 desa di Kabupaten Landak, Jum'at (24/12).

Bupati Karolin yang didampingi oleh General Manager PLN Kalbar, Ari Dartomo, juga mengucapkan terimakasih atas masuknya listrik di beberapa desa dan dusun yang ada di Kabupaten Landak. 

"Kami terus berkomunikasi dan berkoordinasi dengan PLN dan pihak terkait agar listrik dapat masuk ke desa-desa yang belum berlistrik di Kabupaten Landak," ujar Karolin.

Ia juga menegaskan bahwa bisnis yang dijalankan oleh PLN harus kita dukung agar dapat terus melayani kebutuhan listrik masyarakat. 

"Jangan menunggak pembayaran rekening listrik, jangan mencuri listrik, jika itu dilakukan berarti kita menghalangi hak orang lain yang butuh listrik," imbuh Karolin.

Diakuinya, pihaknya terus berusaha agar sinergitas yang terjalin antara PLN - Dewan Perwakilan Rakyat - Pemkab Landak yang selama ini terjalin dengan baik dapat terus ditingkatkan diwaktu yang akan datang.

Sementara itu, Kepala Desa Sebirang, Sunardi, tak mampu menahan rasa harunya dengan adanya listrik yang masuk ke Desa Sebirang.

Menurutnya, dengan adanya listrik PLN, aktivitas warga jadi semakin mudah, ekonomi masyarakat akan terus meningkat, anak-anak pun jadi semakin mudah belajar di rumah. 

"Atas nama warga Desa Sebirang, saya mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada PLN dan Pemerintah yang telah mengalirkan listrik di desa kami. Dengan adanya listrik PLN ini, tentunya dapat mendorong peningkatan ekonomi warga Desa Sebirang, serta desa-desa sekitarnya," tutur Sunardi

General Manager PLN Kalbar, Ari Dartomo,  mengatakan bahwa untuk melistriki 2 dusun di Desa Sebirang dan 3 dusun di Desa Amboyo Selatan, pihaknya telah mengucurkan dana investasi sebesar Rp. 4.029.459.010,- untuk membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 8,75 kms, Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 17,68 kms, serta 4 unit  gardu distribusi dengan total kapasitas sebesar 460 kVA.

"Dengan hadirnya listrik PLN ini kami berharap aktivitas warga jadi semakin mudah, dan tentunya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di Desa Sebirang dan Desa Amboyo Selatan, serta desa-desa disekitarnya," kata Ari.

Selanjutnya Ari  menghimbau masyarakat untuk menggunakan listrik secara bijak dan benar serta memperhatikan aspek keselamatan ketenagalistrikan dilingkungan masing-masing, serta menghindari menggunakan jasa percaloan dalam mengurus permohonan pasang baru listrik. 

"Jangan mudah percaya dengan oknum yang mengatasnamakan PLN yang menawarkan kemudahan layanan pasang baru, namun meminta sejumlah uang yang nilainya jauh dari batas kewajaran. Kalau mau mengurus permohonan pasang baru listrik sebaiknya datang langsung ke unit layanan PLN terdekat atau lewat aplikasi PLN Mobile. Silahkan download secara gratis aplikasi PLN Mobile di PlayStore bagi pengguna Android dan di AppStore bagi pengguna IOS," pungkas Ari.