Kondisi Kelistrikan Kondusif, PLN UP3 Sanggau Siap Amankan Pasokan Listrik Jelang Perayaan Natal dan Tahun Baru

Foto/Humas PLN UIW Kalbar
Foto/Humas PLN UIW Kalbar

Kondisi sistem kelistrikan di wilayah kerja PLN UP3 Sanggau yang meliputi Kota Sanggau, Sekadau, Melawi, Sintang,  Putussibau dan sekitarnya saat ini dalam kondisi kondusif, siap amankan keandalan pasokan listrik jelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru).


Demikian yang disampaikan oleh Manager PLN UP3 Sanggau, Gurit Bagaskoro, diruang kerjanya, Senin (20/12).

Menurutnya, daya mampu sistem kelistrikan Sanggau saat ini sebesar 93,2 MW yang disuplai dari 5 sistem, yaitu ; Gardu induk Tayan,  gardu induk Ngabang, gardu induk Sanggau, PLTD Engkahan, dan Sesco Entikong. Sementara prediksi beban puncak pada tanggal 25 Desember mencapai sebesar 32,44 MW, sedangkan pada tanggal 31 Desember diprediksi sebesar 35,59 MW, dan pada detik-detik malam pergantian tahun diperkirakan sebesar 28,15 MW.

"Dengan kondisi kelistrikan seperti ini, kami siap melayani kebutuhan listrik masyarakat saat perayaan Natal dan Tahun Baru," ungkap Gurit.

Diakuinya, upaya perawatan dan pemeliharaan jaringan listrik telah dilakukan sebelumnya, seperti pemangkasan pohon serta tanam tumbuh yang berada didekat jaringan listrik, melakukan pengecekan ulang terhadap peralatan serta instalasi listrik, hingga kesiapan petugas serta peralatan operasional dalam melayani sehingga tidak ada kendala saat mengeksekusi pekerjaan.

“Untuk menjaga kesehatan dan keselamatan pekerja, seluruh petugas yang bersiaga diwajibkan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19 seperti menerapkan 3M dan melakukan split work serta memberlakukan sistem shift," jelas Gurit.

Meski upaya dan persiapan dalam mengamankan pasokan listrik telah dilakukan, namun kemungkinan listrik padam bisa saja terjadi yang disebabkan oleh berbagai hal, seperti cuaca ekstrim, pohon tumbang, tali kawat layang-layang, dan lain-lain.

"Untuk mengantisipasi percepatan pemulihan terhadap kemungkinan terjadinya gangguan listrik, kami telah menyiapkan petugas layanan teknik yang bersiaga penuh pada posko Nataru ditiap-tiap unit layanan, yang siap melayani selama 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu. Posko-posko tersebut dapat dihubungi melalui Contact Center 123 maupun lewat aplikasi PLN Mobile," pungkas Gurit.