Kualitas Air PDAM Tirta Khatulistiwa Pontianak Siap Untuk Di Konsumsi

Abdullah, ST/RMOLKalbar
Abdullah, ST/RMOLKalbar

Air merupakan sumber daya alam yang paling utama digunakan manusia, dalam memenuhi kebutuhan hidup. Oleh karena itu, masyarakat harus bisa mengetahui syarat air minum yang layak dikonsumsi oleh tubuh.


"Proses itu memenuhi syarat air minum, Kemenkes RI No. 492/Menkes/Per/IV/2010 tentang syarat air minum layak konsumsi yang aman untuk di konsumsi," jelas Direktur Teknik, Abdullah,ST, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (6/4).

Untuk parameter wajib sendiri, terdiri dari Mikrobalogi, yang artinya tidak mengandung E-Coli dan bakteri Kolfrom. Bebas zat kimia beracun yang mengandung PH 6,5 sampai 8,5.

“Air yang diminum tidak berbau, tidak berasa, TDS Maksimum 500 mg/l, serta tingkat warna maksimal 15 TCU, dan suhu maksimal 3 C, " jelasnya.

Lanjutnya, hal ini semua instalasi kita harapkan, kodbot yang keluar itu memenuhi syarat air minum baik dari ph baik dari sisi kekeruhan, warna maupun dari sisi sisa clon.

"Dalam proses ini banyak juga instalasi-instalasi kita tidak layak, namun yang tidak layak itu kita optimalisasikan sehingga hasil yang keluar dari instalasi tersebut bisa memenuhi syarat, selain itu juga ada alat yang membantu dalam prosesan sehingga alat tersebut bekerja secara otomatis menghasilkan kualitas yang baik," katanya.

Dalam beberapa tahun ini PDAM  mendapatkan bantuan dari dana pusat seperti IPA di parit mayor, IPA 5 Imam bonjol.

"Diharapkan masyarakat agar bisa menghemat air dikarenakan untuk mendapatkan air yang layak dari sisi kesehatan dan sisi kualitas itu memerlukan biaya yang mahal," pungkasnya.