Masa Pandemi, Perpustakaan Solusi Belajar Siswa

Foto/Mc Singkawang
Foto/Mc Singkawang

Hingga saat ini aktifitas belajar mengajar masih dalam masa penundaan. Hal ini menyebabkan beberapa siswa sekolah harus belajar secara daring. Mereka dituntut aktif dalam memahami materi pembelajaran yang diberikan sekolah. Beberapa siswa tampak aktif belajar bersama di Perpustakaan Daerah Kota Singkawang, Rabu (13/1).


Mereka memanfaatkan waktu di tengah kekosongan aktivitas belajar mengajar di Sekolah. Reynaldi dan Hanif adalah beberapa diantara siswa kota Singkawang yang kerap mendatangi Perpustakaan Umum Daerah Kota Singkawang. Mereka merupakan siswa Madrasah Aliyah Negeri Singkawang.

“Setiap kali ada tugas, terkadang saya mendatangi Perpustakaan Daerah,” kata Reynaldi.

Bagi mereka, Perpustakaan Daerah Kota Singkawang seakan mengobati rasa rindu dalam belajar di sekolah.

“Selain belajar, nuansa di Perpustakaan Daerah ini setidaknya bisa mengobati rasa rindu bersekolah,” sambung Hanif.

Kejenuhan pembelajaran daring sangat dirasakan mereka. Menurut pengakuan mereka, tidak mudah untuk memahami suatu materi pembelajaran dengan belajar mandiri. Kehadiran sosok guru tentunya lebih memudahkan mereka untuk memahami, baik melalui pengajaran maupun pertanyaan yang siswa lontarkan.

“Tidak mudah untuk bisa memahami pelajaran Fisika. Biasanya kami mempelajari ini dengan bantuan guru.” ucap Reynaldi.

Agar bisa memahami pembelajaran yang rumit, Reynaldi dan Hanif pun berinisiatif membentuk kelompok belajar bersama dengan teman sekolah mereka lainnya. Mereka berharap agar pandemi Covid-19 ini bisa segera teratasi sehingga mereka bisa kembali aktif bersekolah.

“Kami inisiatif membentuk kelompok belajar bersama dengan teman-teman sekolah,” ujarnya.