Menjelang Munas Kadin, Menko Airlangga: Pemerintah Bersikap Netral

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Waketum Kadin Anindya Bakrie./Dok
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Waketum Kadin Anindya Bakrie./Dok

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) adalah mitra penting pemerintah. Soal pemilihan ketua umum yang baru dalam Musyawarah Nasional mendatang, pemerintah bersikap netral.


Demikian disampaikan  Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto ketika bertemu para ketua Kadin dari 24 provinsi di Indonesia di kantornya, Jakarta, Kamis (1/4). Rombongan pengurus Kadin itu dipimpin Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Organisasi, Keanggotaan dan Pemberdayaan Daerah, Anindya Bakrie.

"Kadin adalah mitra pemerintah dan tentu pemerintah menyampaikan hal-hal yang menjadi tantangan ke depan terkait sektor perekonomian," ujar Airlangga seperti dilansir Kantor Berita Politik RMOL.

Airlangga meminta Kadin selalu menggelorakan sikap optimisme hingga ke pelosok daerah. Terkait dengan pemulihan ekonomi dan pemulihan Covid-19  beserta target-target perekonomian yang ingin dicapai 2-3 tahun ke depan.

Disela-sela pertemuan, Airlangga juga mengomentari rencana Musyawarah Nasional (Munas) Kadin Indonesia yang akan digelar Mei mendatang. Airlangga menegaskan, pemerintah akan bersikap netral terkait pemilihan Ketua Umum Kadin yang baru.

“Munas diatur dalam AD/ART Kadin, ya itu diikuti saja. Pemerintah kan selalu netral," tegas Airlangga.

Meski demikian, disela pertemuan, Airlangga  sempat melontarkan canda. Ia mengatakan, berkumpulnya   24 Kadin Provinsi yang mendampingi Anindya Bakrie, auranya seperti penyelenggaraan pramunas. Diketahui, Anindya merupakan calon kuat ketua umum menggantikan Rosan P. Roeslani.

“Auranya seperti penyelenggaraan pramunas,” canda Airlangga.