Minimalisir Potensi Terjadinya Gangguan Listrik, PLN UP3 Pontianak Rawat Jaringan Listrik

Foto/Humas PLN UIW Kalbar
Foto/Humas PLN UIW Kalbar

Fokus pada peningkatan mutu layanan kepada pelanggan, PLN UP3 Pontianak melakukan serangkaian perawatan dan perbaikan jaringan listrik yang berpotensi menyebabkan terjadinya gangguan hingga berakibat padam, Kamis (10/6).


Kegiatan yang dilaksanakan oleh diseluruh unit layanan ini berupa ; penggantian tiang keropos, tiang miring, perbaikan andongan kabel JTM, pemeliharaan gardu, pemangkasan pohon yang berada didekat jaringan listrik, dan lain-lain.

Menurut Manajer PLN UP3 Pontianak, Didi Kurniawan Abuhari,  petugas PLN diwajibkan melakukan inspeksi ke lapangan untuk memantau dan mengevaluasi kondisi jaringan listrik setiap hari, mana yang perlu dilakukan perawatan dan mana yang harus diganti.

"Kegiatan pemeliharaan dan perbaikan jaringan listrik ini kami lakukan secara berkala untuk meminimalisir potensi terjadinya gangguan listrik yang dapat menyebabkan padam, serta untuk memastikan pelanggan dapat menikmati listrik secara aman dan nyaman," ungkap Didi.

Salah satu contoh kegiatan yang dilaksanakan adalah perbaikan andongan kabel Jaringan Tegangan Menengah (JTM) di daerah Tebang Kacang, dan pekerjaan pemasangan cover kabel Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) di Desa Mega Timur Kabupaten Kubu Raya pada akhir bulan Mei lalu.  

"Kabel JTM harus terpasang minimal 6 meter dari tanah agar tidak mudah terjangkau oleh warga, untuk menghindari terjadinya kecelakaan pada instalasi listrik oleh masyarakat umum," jelas Didi.

Upaya perawatan dan perbaikan jaringan listrik direspon positif oleh warga, salah satunya Suhairi (46), warga Jalan Tabrani Ahmad, Kelurahan Pal Lima, Kecamatan Pontianak Barat.

Pria yang sehari-harinya membuka usaha toko kelontong ini mengaku saat ini jarang sekali terjadi padam listrik.

"Beberapa tahun terakhir ini layanan PLN cukup baik, jarang sekali terjadinya padam, sehingga saya lupa dimana menyimpan lampu emergency. Kalau pun padam, biasanya proses penormalannya cukup cepat," tutur Suhairi.

Suhairi juga mengatakan bahwa kalau terjadi gangguan listrik, biasanya Ia melaporkan lewat aplikasi PLN Mobile. Menurutnya, melalui aplikasi ini, layanan kelistrikan jadi lebih gampang dan cepat responnya.