Percepat Ekosistem Electrifying Vehicle, MEC Kalbar Gelar Konvoi Kendaraan Listrik

Foto/Humas PLN UIW Kalbar
Foto/Humas PLN UIW Kalbar

Tingkatkan antusiasme masyarakat dalam menggunakan kendaraan listrik, sekaligus mempercepat ekosistem kendaraan listrik, Komunitas Motor Electric Club (MEC) Kalbar kembali gandeng PLN UP3 Pontianak gelar kegiatan Electrifying Vehicle City Tour kendaraan listrik, pada Minggu sore, tanggal 15 Januari 2023 kemarin, start dan finish dilaksanakan di halaman Museum Kalbar, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Pontianak, Senin (16/1).


"Selain untuk lebih memperkenalkan kendaraan listrik kepada masyarakat, kegiatan ini juga dilaksanakan dalam rangka memeriahkan anniversary ke 1 terbentuknya Motor Electric Club di Kalbar," ungkap Sukirno, Ketua MEC Kalbar.

Menurutnya, diawal berdirinya MEC Kalbar, anggotanya hanya sekitar belasan orang saja, sekarang sudah puluhan  pemilik motor listrik yang bergabung. Dikatakannya, hingga saat ini sudah ada ratusan pemilik motor listrik di Kalimantan Barat, hal tersebut menunjukkan antusiasme masyarakat untuk menggunakan kendaraan listrik cukup besar, dan terus meningkat dari tahun ke tahun.

Diakuinya, menggunakan motor listrik sangat praktis dan efisien. Menggunakan motor listrik sejak 2 tahun terakhir, dirinya tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk membeli BBM serta tak perlu pusing dengan biaya perawatan mesin tiap bulannya, pajak per tahunnya pun relatif sangat murah, hanya puluhan ribu rupiah saja.

Komunitas MEC Kalbar sering melakukan berbagai kegiatan sosialisasi kepada masyarakat terkait keberadaan motor listrik. Kegiatan ini menurutnya sangat efektif dalam mengedukasi masyarakat untuk segera beralih menggunakan kendaraan listrik yang memang terbukti lebih hemat dan ramah lingkungan.

"Kegiatan rutin kami adalah melakukan sharing pengalaman dalam menggunakan motor listrik, serta mensosialisasikannya kepada masyarakat. Maklumlah, kendaraan listrik termasuk barang baru, sehingga masyarakat perlu tahu bahwa banyak keunggulan motor listrik dibandingkan motor konvensional," tutur Sukirno.

Sementara itu, Manager PLN UP3 Pontianak, Syaiful Azhari Siregar, mengatakan bahwa pihaknya terus mendukung terlaksananya program Electrifying Vehicle untuk mempercepat ekosistem kendaraan listrik khususnya di Kota Pontianak - Kubu Raya dan sekitarnya, tentunya dengan memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat pengguna kendaraan listrik, salah satunya dengan menambah jumlah Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) di lokasi-lokasi strategis dan pusat-pusat keramaian.

"Dengan semakin banyaknya SPLU yang tersebar diberbagai lokasi, para pengguna kendaraan listrik dapat dengan mudah melakukan pengecasan kendaraan listriknya," ujar Syaiful.

Ia juga menyebutkan bahwa untuk menikmati berbagai kemudahan layanan kelistrikan, saat ini sudah ada aplikasi PLN Mobile. Melalui aplikasi super canggih ini, masyarakat yang ingin menikmati layanan kelistrikan seperti melaporkan gangguan listrik, mengajukan permohonan pasang baru, tambah daya, membayar rekening dan membeli token listrik, dan lain-lain, tidak perlu lagi mendatangi kantor PLN, cukup lewat ujung jari, lewat telpon genggamnya masing-masing.

"Ayo segera download aplikasi PLN Mobile secara gratis di Play store bagi pengguna Android dan di AppStore bagi pengguna IOS," tutup Syaiful.