PLN UP3 Sanggau Rutin Lakukan Perawatan Aset-aset Kelistrikan

Foto/Humas PLN UIW Kalbar
Foto/Humas PLN UIW Kalbar

Tingkatkan keandalan pasokan listrik, PLN UP3 Sanggau secara rutin laksanakan pemeliharaan dan perawatan aset-aset kelistrikan, salah satunya penggantian trafo distribusi di Pasar Kenari, Kecamatan Parindu, Kabupaten Sanggau, Sabtu (4/3) lalu.


"Untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan, setiap hari kami melakukan pemantauan terhadap kondisi aset-aset kelistrikan. Jika menemukan potensi terjadinya gangguan listrik maka upaya antisipasi akan segera kami laksanakan," ungkap Manager PLN UP3 Sanggau, Muhammad Isra.

Ia mengatakan bahwa gardu distribusi di Pasar Kenari sudah hampir mendekati batas maksimum kapasitas beban trafo, sehingga perlu dilakukan penggantian trafo baru dengan kapasitas yang lebih besar, agar masyarakat dapat menikmati listrik dengan aman dan nyaman.

"Kebutuhan listrik terus meningkat sejalan dengan meningkatnya perekonomian masyarakat. Untuk itu diperlukan upaya antisipasi agar aset-aset kelistrikan benar-benar siap untuk mendukung seluruh aktivitas masyarakat," ujar Isra.

Hingga akhir Februari 2023, UP3 Sanggau telah mengoperasikan Jaringan Listrik Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 5.624,26 kms, Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 3.847,12 kms, 2.954 unit gardu distribusi dengan total kapasitas sebesar 264.393 kVA, melayani 375.494  pelanggan yang tersebar di Kabupaten Sanggau, Sekadau, Melawi, Sintang, dan Kapuas Hulu.

Sementara itu, Dafin (35) warga Jalan Ahmad Yani, Kabupaten Sanggau mengatakan bahwa kondisi kelistrikan di Kota Sanggau dan sekitarnya sudah sangat kondusif, dimana jarang sekali terjadinya padam listrik. 

Pria yang sehari-harinya menjalankan usaha laundry ini mengaku listrik menjadi satu-satunya tumpuan keberlangsungan usaha yang dijalankan. 

"Seluruh peralatan untuk menjalankan usaha yang kami miliki semuanya serba listrik. Untuk itu dibutuhkan kondisi listrik yang andal. Untung lah, listrik di Sanggau ini cukup kondusif, sehingga usaha yang kami jalankan dapat berjalan dengan baik dan lancar," tutur Dafin.

Ia berharap, PLN dapat terus meningkatkan kualitas pelayanannya sehingga seluruh aktivitas masyarakat khususnya para pelaku usaha dalam berjalan dengan baik dan terus berkembang.