Ribuan Warga Ketapang dan Kayong Utara Antusias Download Aplikasi PLN Mobile

Foto/Humas PLN UIW Kalbar
Foto/Humas PLN UIW Kalbar

Sejak dirilis  beberapa waktu yang lalu, aplikasi PLN Mobile terus diminati oleh warga Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara. Aplikasi super canggih ini juga terus dikembangkan dengan menambahkan beberapa fitur layanan untuk semakin memberikan kemudahan layanan kelistrikan kepada pelanggan, Ketapang, Jum'at (7/1).

Sekarang pelanggan dapat mengajukan permohonan pasang baru, perubahan daya, penerangan sementara, lengkap dengan biaya yang harus dikeluarkan oleh pelanggan. Juga ada fitur layanan pencatatan meter secara mandiri, pembayaran rekening dan pembelian token listrik, hingga melaporkan gangguan listrik. 

Dengan berbagai kemudahan layanan yang ditawarkan lewat aplikasi PLN Mobile, semakin banyak warga Ketapang dan kayong Utara yang berminat untuk segera memanfaatkan aplikasi tersebut. Hingga tanggal 31 Desember 2021 lalu, sebanyak 25.845 pelanggan PLN UP3 Ketapang di Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara telah mendownload dan memanfaatkan aplikasi yang digadang-gadang merupakan wujud inovasi dan transformasi layanan PLN. 

“Aplikasi PLN Mobile ini sangat membantu dan memudahkan kami dalam menikmati layanan kelistrikan. Sekarang kalau mau beli token listrik cukup lewat aplikasi saja tanpa harus keluar rumah,” tutur  Tian (31), warga Kelurahan Sukaharja, Ketapang. 

Ia juga menceritakan mudahnya proses pengajuan tambah tambah daya listrik melalui aplikasi PLN Mobile. Menurutnya prosesnya cukup mudah, cepat dan transparan, sebab dirinya bisa langsung mengetahui berapa biaya yang harus dikeluarkan tanpa ada tambahan biaya lainnya. 

“Saya pernah mengajukan permohonan tambah daya melalui aplikasi PLN Mobile, biayanya jelas tertera di aplikasi, kebetulan waktu itu ada promo, jadi cuma bayar 200 ribuan saja. Setelah bayar lewat aplikasi juga, lusanya sudah ada petugas ke rumah untuk memproses tambah dayanya,” jelas Tian bersemangat. 

Hal serupa juga diungkap Meri (26), warga Jalan Sudirman, Ketapang. Menurutnya, melaporkan gangguan listrik kini lebih mudah lewat aplikasi PLN MObile. 

"Kerennya, setelah melaporan gangguan listrik lewat aplikasi, kita juga bisa memantau sampai sejauh mana proses laporan gangguan yang kita lakukan, termasuk posisi petugasnya sudah sampai dimana. Pokoknya mantablah, saya pikir layanan PLN sekarang sudah bagus yah, lebih mudah dan transparan. Semoga PLN dapat terus meningkatkan mutu layanannya," kata Meri. 

Sementara itu Manager PLN UP3 Ketapang, Sanggam Robaga Parsaoran Sinaga, mengungkapkan bahwa aplikasi PLN Mobile merupakan wujud komitmen PLN untuk terus memberikan layanan terbaik kepada pelanggan. Dirinya mengaku akan terus berupaya untuk mengenalkan aplikasi ini, agar semakin banyak masyarakat yang dapat merasakan kemudahannya. 

“Saya mengajak masyarakat untuk segera mendownload aplikasi PLN Mobile ini melalui PlayStore, AppStore  maupun melalui link berikut https://t.co/XBJEFHpGNS, karena

ke depannya seluruh layanan kelistrikan akan dapat diakses melalui aplikasi yang super canggih ini,” pungkasnya.