Satgas Covid19 Sekadau Distribusikan Vaksin Sinovac Ke 12 Fasyankes

Foto/Prokopim
Foto/Prokopim

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Sekadau melaksanakan Pendistribusian Vaksin Covid-19 Tahap Pertama di halaman Kantor Bupati Sekadau, Kacamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Jumat (29/1).


Vaksin Covid-19 tersebut didistibusikan kepada 12 Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) yang tersebar di Kabupaten Sekadau.

Pendistribusian tersebut di dpimpin oleh Bupati Sekadau didampingi Wakil Bupati Sekadau, Penjabat Sekretaris daerah Kabupaten Sekadau dan beberapa Kepala SKPD serta Forkopimda dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sekadau.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Sekadau, Rupinus mengatakan kita patut bersyukur bahwa Pemerintah dengan cepat mengadakan vaksin covid-19, dimana tahap pertama ini akan diberikan kepada tenaga kesehatan sebagai garda terdepan dalam melawan wabah covid-19.

“Namun demikian, masyarakat perlu diberi pendidikan dan penyuluhan  bahwa meskipun vaksinasi ini penting, penerapan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak, sering mencuci tangan dan menahan diri untuk tidak keluar rumah harus dilakukan secara ketat,” kata dia.

Ia juga menambahkan bahwa, vaksinasi ini merupakan upaya dalam memulihkan kesehatan masyarakat paling efektif dan efisien untuk mencegah beberapa penyakit menular.

“dalam rangka percepatan penurunan mata rantai covid-19, pelaksanaan imunisasi vaksin di Provinsi Kalimantan Barat pada tanggal 14 Januari 2021, sedangkan untuk Kabupaten Sekadau direncanakan tanggal 2 Februari 2021 mendatang,” pungkasnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Kesehatan PP dan KB Kabupaten Sekadau, Henry Alpius menjelaskan pelaksanaan distribusi vaksin covid-19 yang dilaksnakan hari ini dibagi dalam 4 jalur yang dipimpin lagsung oleh Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sekadau serta dikawal oleh TNI-Polri.

“Jalur 1 meliputi, Puskesmas Rawak, Nanga Taman dan Nanga Mahap, serta jalur 2 meliputi Puskesmas Sekadau, SP.4 Kayu Lapis, dan SP.3 Trans, melalui jalur kendaraan darat,” ujarnya.

Sedangkan, jalur 3 meliputi wilayah Kecamatan Belitang Hilir dan belitang Hulu melalui kendaraan darat, serta jalur 4 meliputi wilayah Kecamatan Belitang dengan menggunakan kendaraan air.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan itu juga menyampaikan rasa terimakasih atas dukungan dari semua pihak yang ikut terlibat dalam pendistribusian vaksin, untuk sampai kepada masyarakat terutama pada tenaga kesehatan yang akan mendapat vaksin covid-19 tahap pertama.

Adapun 12 fasyankes yang termasuk pada pendistribusian vaksin covid-19 di Kabupaten Sekadau, antara lain:

  • Puskesmas Sekadau (80 Dosis)
  • Puskesmas selalong (49 Dosis)
  • Puskesmas Simpang 4 Kayu Lapis (50 Dosis)
  • Puskesmas SP.3 Trans (41 Dosis)
  • Puskesmas Rawak (59 Dosis)
  • Puskesmas Tapang Perodah (28 Dosis)
  • Puskesmas Nanga Taman (75 Dosis)
  • Puskesmas Nanga Mahap (58 Dosis)
  • Puskesmas Belitang Hilir (55 Dosis)
  • Puskesmas Belitang (47 Dosis)
  • Puskesmas Balai Sepuak (79 Dosis)
  • Puskesmas Sebetung (33 Dosis).