Sekda Minta Kepsek Terapkan Aplikasi RKAS

Foto/Prokopim
Foto/Prokopim

Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS), di Hotel Dangau Sungai Raya, Rabu (8/6).


"Menuju era digitalisasi, era industri 4.0, tentunya diperlukan sistem keuangan berbasis digital, sehingga seluruh satuan pendidikan dituntut meningkatkan Kompetensi Sumber Daya Manusia dibidang informasi dan teknologi," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya, Yusran Anizam saat membuka bimtek. 

Yusran menuturkan, manajemen keuangan merupakan salah satu substansi manajamen sekolah yang akan turut menentukan berjalannya kegiatan pendidikan di sekolah. Sebagaimana yang terjadi di substansi manajemen pendidikan pada umumnya. 

"Kegiatan manajemen keuangan disatuan pendidikan ini harus dilakukan melalui proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, pengawasan dan pengendalian," ucapnya. 

Disdikbud Kubu Raya menggelar Bimtek ARKAS kepada kepala sekolah SD dan SMP yang tersebar di 9 kecamatan, selama empat hari yaitu mulai tanggal 8-11 Juni 2022. 

"Kita bersyukur sekali, dengan aplikasi ini sangat membantu kita untuk menertibkan dan memaksimalkan prinsip-prinsip perencanaan kegiatan dan anggaran sekolah-sekolah di Kubu Raya," ujarnya. 

Yusran berharap, kedepan dengan aplikasi RKAS ini, tata kelola keuangan di satuan pendidikan bisa lebih baik lagi, sehingga mampu meminimalisir segala kendala yang sering dihadapi sekolah-sekolah dalam menyusun rencana kegiatan dan anggaran di satuan pendidikan. 

"Terutama dalam merealisasikan dan pertanggungjawabannya. Tentunya kita berharap semua sekolah bisa menerapkan aplikasi ini," harapnya. 

Selain itu Sekda Yusran juga berharap apabila nantinya ada kendala dalam mengaplikasikan sistem ini, maka Disdikbud bersama narasumber agar bisa melakukan pembinaan secara berkelanjutan.

"Sehingga fokus pada program-program kegiatan pendidikan bisa lebih maksimal lagi," imbuhnya.