Siaga Pandemi Covid-19, PLN Amankan Pasokan Listrik Rumah Sakit

Foto/Humas PLN UIW Kalbar
Foto/Humas PLN UIW Kalbar

Turut mendukung penanganan Covid-19, PLN UP3 Singkawang lakukan pengecekan dan  pengawasan khusus untuk Rumah Sakit Rujukan di wilayah kerja Singkawang, Bengkayang dan Sambas (Singbebas). Jum'at (10/9).


“Kelancaran operasional rumah sakit merupakan salah satu prioritas kami, terutama pada masa pandemi ini. Apalagi untuk rumah sakit rujukan yang menangani pasien Covid-19, kami upayakan pasokan listrik terjaga dengan baik dan aman,” ungkap Manajer PLN UP3 Singkawang, Achmad Meidiansyah.

Diakuinya, untuk mengamankan pasokan listrik dan meminimalisir potensi terjadinya  gangguan pada jaringan, PLN telah melakukan tindakan antisipatif, seperti pemeliharaan  SUTM, Gardu Distribusi,  dan Jaringan Tegangan Rendah.

Sementara itu, pada agenda kunjungan pelanggan ke Rumah Sakit Abdul Aziz dalam rangka Hari Pelanggan Nasional lalu, Manajer PLN ULP Singkawang Kota, Gilang Aryasetya, menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan pengecekan pada seluruh instalasi kelistrikan untuk memastikan suplai listrik ke rumah sakit aman dan genset cadangan juga dalam kondisi siap untuk dioperasikan.

"Pola operasi sudah diatur melalui suplai penyulang prioritas. Kalau ada gangguan, suplai listrik akan dialihkan melalui penyulang back up,” kata Gilang.

Pada kesempatan yang sama, Direktur RS Abdul Aziz Singkawang, dr. Ruchanihadi, menyampaikan apresiasinya terhadap kesiapan dan kesigapan PLN dalam mendukung kelancaran operasional rumah sakit. 

Menurutnya, layanan kelistrikan yang telah diberikan oleh PLN sudah sangat baik, terutama untuk lokasi-lokasi prioritas seperti fasilitas kesehatan.

"Kami mengapresiasi upaya PLN Singkawang dalam meningkatkan mutu layanan kepada masyarakat, khususnya di Rumah Sakit Abdul Aziz ini, sehingga layanan kesehatan yang kami berikan kepada masyarakat tidak terganggu," tutur Ruchanihadi.

Pihak rumah sakit juga tetap siaga dalam mengantisipasi penambahan kasus Covid-19. Penambahan kasur, ketersediaan tabung oksigen dan sarana prasarana medis lainnya telah dipersiapkan demi kelancaran pelayanan terhadap pasien.