Siapkan UMKM Corner, Bupati Muda Puji GAIA Bumi Raya City

Foto/Prokopim
Foto/Prokopim

GAIA Bumi Raya City, pusat perbelanjaan di Kubu Raya yang mengusung konsep belanja dan rekreasi keluarga pertama di Kalimantan Barat, resmi dibuka, Kamis (21/1).


Mal yang berlokasi di Jalan Supadio Kabupaten Kubu Raya dibuka secara resmi oleh Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji. 

“Di masa pandemi dan kondisi perekonomian yang belum stabil ini, perlu adanya upaya-upaya untuk menggerakkan dan membangkitkan perekonomian khususnya di Kalimantan Barat,” kata Direktur Utama PT Bumi Raya Ritel Indonesia, Tan Ying Mei, di sela peresmian mal. 

Tan Ying Mei berharap keberadaan GAIA Bumi Raya City mampu menjadi lokomotif pergerakan ekonomi di Kalimantan Barat. Sebab GAIA Bumi Raya City bisa menjadi tempat berbelanja dan berekreasi yang tepat bagi seluruh keluarga. Termasuk untuk berbisnis baik bagi masyarakat Kubu Raya maupun Kalimantan Barat pada umumnya.

“Mal ini memiliki desain yang modern futuristik, fasilitas lengkap, dipadukan dengan area taman yang asri dan air terjun yang indah,” katanya.

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengapresiasi keberadaan GAIA Bumi Raya City. Dirinya meyakini kehadiran mal GAIA akan menambah pergerakan ekonomi di Kubu Raya. Sebab mal tersebut menyerap cukup banyak tenaga kerja terutama kalangan generasi muda.

“Bahkan saya mendengar langsung dari manajemen, GAIA ini akan menyerap tenaga lokal cukup besar. Ini kita syukuri sebagai komitmen yang dibangun oleh manajemen,” kata Muda.

Muda berharap mal GAIA juga mampu menyerap hasil-hasil bumi Kubu Raya. Baik hasil pertanian, perikanan, peternakan, dan sebagainya. Karena di dalam mal juga terdapat sejumlah kedai makanan dan minuman yang membutuhkan bahan baku dari hasil alam. Semoga melalui kehadiran GAIA Bumi Raya City ini, semuanya akan terserap di mal ini,” ucapnya. 

Muda optimistis kehadiran mal akan memacu optimalisasi pertumbuhan ekonomi di Kubu Raya. Termasuk membuka ruang ekonomi kreatif khususnya bagi kaum muda Kubu Raya. 

“Meskipun masih di tengah pandemi, semoga ini banyak menumbuhkan ekonomi kreatif dan UMKM juga. 

Dirinya juga mengapresiasi pengelola mal yang menyediakan ruang untuk ‘UMKM Corner’. Menurutnya, konsep tersebut sangat bermanfaat bagi pelaku usaha mikro dari kalangan masyarakat. 

“Dengan konsep tersebut dan pengembangannya, tentu sebuah hal yang sangat membahagiakan bagi kami. Semoga ini lancar dan tentulah berdampak manfaat besar bagi masyarakat Kubu Raya juga bagi Kalimantan Barat,” tuturnya. 

Gubernur Kalimantan Barat Sutarmiji ikut memberi apresiasi pada GAIA Bumi Raya City. Sebab pusat perbelanjaan ini dapat menampung tenaga kerja hingga sekitar 2.500 orang. Hal itu, menurut dia, akan berpengaruh positif bagi daerah terutama dari sisi pertumbuhan ekonomi dan pendapatan masyarakat. 

“Sehingga investasi-investasi seperti ini harus didukung,” kata Sutarmiji.

Sutarmidji berharap GAIA dapat dikembangkan lagi dengan apartemen, perumahan, bahkan rumah sakit. 

“Kalau saya jadi bupati dan ini sudah saya sampaikan ke Bupati Kubu Raya, IMB harusnya diberi diskon kalau perlu sampai 75 persen. Karena ketika apartemenya laku, di situ ada BPHTB lima persen,” terangnya.

Ia menambahkan jika penjualan senilai Rp 200 miliar, maka pemerintah daerah akan mendapatkan keuntungan senilai lima persen. 

“Berarti ada Rp 10 miliar menjadi bagian dari pemerintah daerah. Belum lagi setiap tahun ada PBB. Belum lagi yang lain-lain.