Sidiq: Masyarakat Harus Tetap Menghindari Kerumunan dan Jaga Jarak

Demi mengantisipasi penyebaran Covid-19, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Sidiq Handanu terus menghimbau kepada masyarakat, agar disiplin menjaga kebersihan dalam mencegah penularan Covid-19.


"Perilaku disiplin masyarakat dalam mencegah terpapar Covid-19 terus dilakukan, seperti selalu menggunakan masker, menjaga jarak aman, dan selalu mencuci tangan," kata Sidiq Handanu, Minggu (31/5).

Karena, menurut Sidiq, penularan Covid-19 di masyarakat terus terjadi, dan jumlah pasien status PDP (pasien dalam pengawasan) misalnya di RSUD Soedarso Pontianak juga mengalami penambahan, ditambah semakin tingginya aktivitas masyarakat menjelang dan sepanjang lebaran.

"Masyarakat jangan sampai minta bukti bahwa Covid-19 memang ada, seperti misalnya ada korban yang tiba-tiba meninggal di jalan atau lainnya, tetapi cukup mendengar atau melihat kasusnya di televisi saja, karena kalau hal itu terjadi maka rumah sakit yang ada tidak akan mampu melayani peningkatan pasien," ungkapnya.

Apalagi, saat ini, Kota Pontianak dan Kalbar umumnya belum sampai memasuki tahapan penerapan "New Normal" atau kenormalan baru.

"Oleh karena itu, kami menghimbau kepada masyarakat agar tetap menghindari kerumunan, selalu menggunakan masker, jaga jarak aman dan sesering mungkin mencuci tangan menggunakan sabun," pungkasnya.