Tingkatkan Ekonomi Warga, Pemkab Salurkan Bantuan Hibah 

Foto/Prokopim
Foto/Prokopim

Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) menyerahkan bantuan hibah kepada organisasi masyarakat khususnya organisasi kepemudaan, olahraga, dan pelaku seni di Kubu Raya. 


Penyerahan bantuan dilakukan langsung Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan didampingi Wakil Bupati Sujiwo di Aula Disporapar Kubu Raya, Kamis (24/11).

Bupati Muda Mahendrawan mengatakan setiap tahunnya Pemerintah Kabupaten Kubu Raya menyalurkan bantuan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas kinerja dari organisasi. Sehingga menghasilkan keluaran (output) berupa keterampilan, kemahiran, dan potensi anggotanya yang pada akhirnya bermuara pada peningkatan ekonomi kemasyarakatan khususnya perbaikan ekonomi rumah tangga.

“Aktualisasi ini ada, tumbuh, dan terus berkembang di masyarakat sehingga bantuan ini betul-betul dirasakan oleh masyarakat Kubu Raya sebagai pemicu dan pendorong potensi masyarakat untuk maju, berkembang dan berhasil, serta menciptakan masyarakat yang bahagia,” ujar Bupati Muda.

Selain itu, kata Muda, bantuan yang diberikan diharapkan dapat memotivasi organisasi masyarakat untuk menciptakan anggota yang potensial dan mampu berkompetisi. 

“Misalnya bantuan untuk di sekolah, anak-anak juga akan semangat karena ada bantuan ini. Anak-anak akan semakin termotivasi untuk terus sekolah,” ujar Muda. 

Muda menambahkan, melalui adanya bantuan diharapkan pula organisasi masyarakat yang ada di Kubu Raya akan mampu menyiapkan generasi yang kompetitif baik di skala daerah, nasional, bahkan internasional.

“Kita berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin,” ujarnya.

Muda menambahkan, pemberian bantuan juga diharapkan dapat terus mengangkat dan melestarikan kearifan lokal yang sejak dulu ada di Kabupaten Kubu Raya.

“Seperti seni musik rebana dan tar. Di daerah-daerah lain sudah mulai jarang kita lihat. Tapi di Kubu Raya ini terus ada,” ujarnya.

Kepala Disporapar Kabupaten Kubu Raya Rini Kurnia Solihat menjelaskan bantuan yang diberikan kepada organisasi masyarakat khususnya organisasi kepemudaan, olahraga, dan pelaku seni bertujuan menunjang penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah. Dalam pelaksanaannya, proses pemberian bantuan dimulai dari perencanaan, penganggaran, hingga pelaksanaan. 

“Kepada penerima bantuan harus terorganisir dengan baik, tercatat, tersimpan dengan baik, dan dimanfaatkan oleh masyarakat sesuai peruntukannya serta dilaporkan. Yang terpenting untuk diketahui bantuan ini tidak boleh dipindahtangankan,” kata Rini.

Rini memaparkan realisasi penyaluran bantuan diberikan pada organisasi masyarakat melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata adalah kelompok masyarakat pelaku ekonomi kreatif yang menerima bantuan alat musik. Yang terdiri atas 17 rebana, 5 marawis, 17 tar, 3 rebana hadrah, 1 alat kesenian barong, 1 alat musik gamelan, serta 4 sekolah yang menerima alat drumband. 

“Kemudian dua tempat pariwisata yang menerima bantuan berupa 6 tenda dan 6 hammock, 3 organisasi pemuda yang menerima bantuan berupa uang tunai, serta 2 kelompok olahraga yang menerima perlengkapan olahraga,” tambahnya.

Rini berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dari perencanaan hingga realisasi kegiatan bantuan, Terutama kepada Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya yang telah mengalokasikan penganggaran program tersebut.

“Dan terima kasih pula kepada DPRD Kubu Raya yang juga turut menentukan kebijakan terhadap program ini,” pungkasnya.