YBM PLN Kalbar Laksanakan Program Bedah Rumah dan Bantuan Paket Sembako

Foto/Humas PLN UIW Kalbar
Foto/Humas PLN UIW Kalbar

Tangis bahagia Asnawati (58) warga Dusun Parit Lintang, Desa Sungai Pangkalan 1, Kecamatan Sei Raya, pecah saat mengetahui bahwa gubuk kecilnya akan diganti dengan rumah permanen untuk dirinya dan keluarga. Wanita paruh baya ini tak mampu menyembunyikan rasa harunya saat mengetahui dirinya dipilih sebagai salah satu penerima manfaat program bedah rumah yang dilaksanakan oleh Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN Kalbar.


Selain melaksanakan program bedah rumah, YBM PLN Kalbar juga menyalurkan bantuan paket sembako untuk warga miskin di Desa tersebut, Singkawang, Selasa (21/6).

"Saya sangat bersyukur kehadirat Allah Azza wa Jalla atas bantuan perbaikan pondok tempat tinggal saya dan keluarga dari YBM PLN, semoga seluruh karyawan PLN selalu diberkahi kesehatan dan keselamatan dalam bekerja. Diberkahi keluarga yang sakinah, mawadah, warohmah," ungkap Asnawati sambil menyeka air matanya.

Ketua YBM Kalbar, Andang Triwahyudi, mengatakan bahwa dana YBM berasal dari zakat penghasilan/profesi seluruh Pegawai PLN yang Muslim yang dipungut sebesar 2,5% setiap bulannya. Penyalurannya diberikan kepada 8 ashnaf, sesuai syariat Islam, melalui berbagai program, antara lain ; Program sosial, kesehatan, pendidikan, dakwah,  pemberdayaan ekonomi umat, dan lain-lain. 

"Bantuan program bedah rumah dan bantuan paket sembako murni berasal dari zakat penghasilan/ profesi dari seluruh pegawai PLN. Mudah-mudahan apa yang YBM PLN lakukan dapat memberikan manfaat dan keberkahan bagi kita semua, khusus bagi masyarakat di Desa Sungai Pangkalan 1 ini," jelas Andang.

Sementara itu, Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum PLN Kalbar, Mistoni, mengatakan program bedah rumah dan bantuan paket sembako ini merupakan wujud kepedulian Karyawan PLN dalam memberikan bantuan serta dukungan kepada warga kurang mampu lewat YBM PLN Kalbar.

"Selain menjalankan amanah pemerintah dalam memenuhi kebutuhan listrik masyarakat, kami juga memiliki tanggung jawab sosial dalam membantu serta mendukung hajat hidup warga kurang mampu. Program bedah rumah dan bantuan paket sembako ini merupakan salah satu program yang rutin dijalankan YBM PLN Kalbar selama ini," ungkap Mistoni.

Lewat bantuan yang diberikan, dirinya berharap dapat sedikit meringankan beban hidup warga kurang mampu di Desa Sungai Pangkalan 1 ini. Ia juga berharap kepada warga yang hadir khususnya warga penerima manfaat untuk mendoakan seluruh Karyawan PLN agar selalu diberkahi kesehatan, keselamatan, dan kemudahan dalam bekerja sehingga mampu memenuhi kebutuhan listrik masyarakat.

Senada Ketua Ombudsman Perwakilan Kalbar, Agus Priyadi, mengapresiasi upaya PLN dalam memberikan bantuan kepada warga kurang mampu, khususnya yang berada di Desa Sungai Pangkalan 1 ini.

Menurutnya, PLN sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara sangat peduli terhadap kebutuhan hidup warga kurang mampu.

"Bantuan yang diberikan oleh PLN ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Saya berharap upaya PLN dalam membantu masyarakat kurang mampu dapat terus berlanjut sehingga banyak warga kurang mampu yang mendapatkan manfaatnya," pungkas Agus.