YP3K Lakukan Audiensi Dengan Dinas Koperasi dan UMKM Kalbar  

Foto/RMOLKalbar
Foto/RMOLKalbar

Menumbuhkan wirausaha mandiri dan kreatif dibutuhkan pendampingan yang baik serta pembinaan berkesinambungan dalam upaya menjaga ritme usaha salah satu bentuk dukungan tersebut melalui koperasi yang tentunya mempunyai dasar dan tujuan terukur secara standar kualitas.


Ketua umum Yayasan Penyuluhan, Pelatihan dan Pendidikan Khatulistiwa (YP3K), Juladri mengatakan, kami telah merancang set plan pembentukan koperasi bagi kelompok-kelompok usaha mandiri yang akan dibentuk.

"Koperasi yang bertujuan membangun kemandirian serta meningkatkan kreatifitas anggotanya," jelas Juladri usai audiensi di aula koprasi dan UMKM Kalbar, Selasa (17/5).

Lanjutnya, Dengan komunikasi kita bisa membangun wacana dengan persepsi yang berdampingan untuk membangun usaha serta pembinaan di lingkup masyarakat dalam berbagai segmen. Sehingga diperlukan sebuah kerjasama antar lembaga yang berkesinambungan dan mempunyai tujuan sama.

Tempat yang sama, Kepala dinas Koprasi dan UMKM yang di wakili Resmiguno menyatakan,  model-model kerjasama yang dapat memberikan dampak positif dalam pembangunan wirausaha, baik itu dari segi pembentukan koperasi dan kelompok usaha mandiri," jelasnya

"Sinergisitas dan sinkronisasi antara lembaga masyarakat dengan instansi. Karena secara nasional, kementerian Koperasi dan UMKM menargetkan untuk menumbuhkan wirausaha muda kreatif perlu adanya pendampingan, serta memanajemen koperasi yang baik, agar koperasi dapat bertransformasi menjadi modern sesuai dengan program prioritas Kementerian Koperasi dan UMKM saat ini, di antaranya menumbuhkan 100 koperasi modern," ucapnya

Resmiguno menambahkan, PLUT ini adalah lembaga yang dibentuk sebagai mediator langsung dalam dukungan administrasi berkelanjutan dari UMKM. Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) bisa dijadikan sebagai Center of Excellence atau pusat unggulan layanan Koperasi dan UMKM di daerah.

"PLUT menyediakan mentor dan penyuluh, sehingga PLUT akan berperan sebagai pusat konsultasi bisnis dan inkubator dengan menumbuhkan wirausaha khususnya wirausaha muda kreatif," pungkasnya.